Cara Mengirimkan Doa untuk Keluarga yang Sudah Meninggal, Perhatikan Detil Khususonnya

Cara Mengirimkan Doa untuk Keluarga yang Sudah Meninggal, Perhatikan Detil Khususonnya

ilustrasi mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal--

Tidak lupa menyertai nama orang yang meninggal dengan nama ayahnya. Ini membantu memperjelas doamu kepada orang yang sudah meninggal.

2. Cara Mengirimkan Doa untuk Ayah/Suami

Berdasarkan buku berjudul 'Tuntunan Akhlak Dalam Al-Quran dan Sunnah: Membentuk Pribadi Muslim' yang ditulis oleh Dr. Hardisman, MHID, PhD, mengirimkan doa untuk orang meninggal jika yang berpulang adalah orangtua maka akan menjadi salah satu cara berbakti seorang anak kepada ayah atau ibunya.

"Jika seorang anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh yang mendoakannya."

Mahmud Asy-Syafrowi dalam bukunya yang berjudul 'Sukses Dunia-Akhirat Dengan Doa-Doa Harian'. menyebut kalau doa untuk orang meninggal jika dia orangtuamu maka bisa menggunakan bahasa apa pun.

Panjatkan doa untuk orangtua meninggal agar mereka diampuni, mendapat kasih sayang Allah, dan diberikan tempat terbaik buat almarhum atau almarhumah. Bagaimana cara mengirimkan doa untuk ayah yang sudah meninggal? Berikut bacaan doanya secara singkat:

"Khushuushon ilaa ruuhi abii ... (nama ayah) bin ... (nama ayahnya). Allahumaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu, lahul faatihah."

Artinya:

"Terkhusus untuk ruhnya ayahku, ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

Cara mengirimkan doa untuk suami yang sudah meninggal:

Khushuushon ilaa ruuhi zaujii ... (nama suami) bin ... (nama ayahnya). Allahumaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu, lahul faatihah."

Artinya:

"Terkhusus untuk ruhnya suamiku, ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

3. Cara Mengirimkan Doa untuk Ibu/Istri

Cara mengirimkan doa untuk ibu atau istri yang sudah meninggal sama seperti tata cara di atas. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada kalimat awal dan nama orang yang meninggal tentunya.

Sumber: