Plh Wali Kota Bogor Minta Aset-Aset Lahan Dioptimalkan Untuk Meningkatkan PAD

Plh Wali Kota Bogor Minta Aset-Aset Lahan Dioptimalkan Untuk Meningkatkan PAD

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor menggelar rapat koordinasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan perangkat daerah incomer semester 1 tahun 2022 dihadiri Plh Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Senin (11/7). -(Foto: Yudha Prananda/Jabar Ekspres)-

"Untuk target retribusi tahun 2022 ini Rp36,3 miliar, di pertengahan tahun ini belum mencapai 50 persen. Untuk target PAD Rp1,11 triliun, tengah tahun ini sudah terealisasi Rp556 miliar. Tadi yang menjadi catatan Plh Wali Kota Bogor yang kemudian ditindaklanjuti oleh Plh Sekda dan langkah ke depan seperti apa sudah di arahan wakil. Kami ingin realisasi tercapai, permasalahan mudah-mudahan diketahui sejak dini jangan sampai akhir tahun baru diketahui," ungkapnya.

Untuk pertengahan tahun ini, sambung dia, ada kendala yaitu IMB yang menjadi PBG. Ada surat keputusan tiga menteri bahwa pemerintah boleh memungut retribusi IMB dengan aturan lama sepanjang belum keluar Perda PBG. Itu yang awal tahun ini, itu kebijakan pemerintah pusat.

"Tapi memang ada proses lah yah. Tadi BUMD belum menyetorkan karena adminitrasi menunggu laba bersih Perumda PPJ dan Tirta Pakuan. Tetapi usulan saya dan Plh Sekda ada pembayaran pendahuluan untuk pembangunan," tandasnya.*** (YUD)

Sumber: Jabar Ekspres