Ahmad Syaikhu Bicara Soal UMKM, Kesehatan hingga Pemilih Pemula Sambil Jalan Pagi di Situ Buleud

Sabtu 28-09-2024,14:16 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

PURWAKARTA - Calon Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu menyapa warga Purwakarta yang sedang berolahraga di kawasan Taman Sri Baduga, Situ Buleud, Purwakarta, Sabtu (28/9) pagi.

Didampingi Calon Wakil Bupati Purwakarta Pipin Sopian, kehadiran Ahmad Syaikhu sontak menarik perhatian warga. Tak sedikit yang meminta foto bersama atau sekadar memanggil-manggil namanya.

Saat berkeliling Situ Buleud, Ahmad Syaikhu yang berpasangan dengan Ilham Habibie di Pilkada Jabar ini, menyempatkan membeli jamu dan memborong cemilan dari pedagang yang mangkal di situ.

Mantan Presiden PKS itu juga sarapan di kawasan yang menjadi ikon Purwakarta ini. Nasi rawon jadi pilihannya.

BACA JUGA:Kisah Harmini, Pedagang Jamu di Purwakarta Ketiban Rezeki saat Dikunjungi Ahmad Syaikhu

BACA JUGA:Bertemu Ajengan Elim, Ahmad Syaikhu Bakal Jadikan Ulama sebagai Rujukan Pembangunan di Jabar

"Para pelaku UMKM sebenarnya perlu sentuhan dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, di antaranya terkait permodalan, suatu kendala yang sering dihadapi," kata Ahmad Syaikhu kepada wartawan.

Disebutkannya, saat dirinya ada di DPRD Provinsi Jawa Barat, ada yang namanya kredit usaha mikro. "Saya kira kredit usaha mikro ini yang harus diperhatikan dan dibesarkan kuotanya sehingga dapat menjangkau lebih banyak pelaku UMKM," ujarnya. 

Kemudian, sambungnya, peran pemerintah daerah juga bisa memberikan insentif dalam hal kemasan. Bahwa banyak persoalan UMKM yang memiliki produk bagus dan berkualitas namun terkendala kemasan.

"Kemasannya nggak bagus sehingga tidak dipandang. Seolah-olah produknya adalah produk yang recehan. Padahal, ketika dibandingkan dengan supermarket kualitas produknya bisa bersaing," ucapnya.

BACA JUGA:Senam Bareng Ahmad Syaikhu, Emak-emak Cianjur Suarakan Dukungan untuk Pasangan ASIH

BACA JUGA:Beruntungnya Warga Cianjur Disiapkan Sarapan Langsung oleh Cagub Jabar Ahmad Syaikhu

Selanjutnya, terkait masalah pemasaran. Di era digital ini seringkali pelaku UMKM tidak bisa memasarkan produknya secara digital, sehingga perlunya pembekalan ilmu terkait pemasaran secara digital. 

"Jadi, selain dibantu pemasarannya secara langsung juga dibantu pemasarannya secara digital," kata Ahmad Syaikhu.

Selain UMKM, Ahmad Syaikhu juga menyoroti pembangunan infrastruktur di Jawa Barat yang masih belum merata. "Infrastruktur, khususnya yang menyangkut pendidikan, kesehatan dan perekonomian, pembangunannya harus merata," ujarnya.

Kategori :