7 Manfaat Bengkuang Selain untuk Kesehatan Kulit Ternyata untuk Pencernaan juga Loh

Kamis 07-12-2023,11:08 WIB
Reporter : Eka Nuryanti Dewi
Editor : Eka Nuryanti Dewi

RADAR JABAR - Bengkuang, juga dikenal sebagai singkong air atau jicama, bukan hanya sekadar buah yang menyegarkan dan enak dikonsumsi.

Tersembunyi di balik kulit putih dan renyahnya, bengkuang menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa, tak hanya untuk kulit, tetapi juga untuk tubuh secara keseluruhan.

Mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai manfaat ajaib bengkuang di luar kesehatan kulit yang sudah terkenal.

 

1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Bengkuang kaya akan serat, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem pencernaan. Serat membantu mengatasi masalah sembelit dan menjaga kesehatan usus dengan merangsang gerakan usus yang teratur. Konsumsi bengkuang secara teratur dapat membantu mencegah berbagai gangguan pencernaan, termasuk sindrom usus iritabel (IBS) dan divertikulitis.

 

BACA JUGA:9 Manfaat Buah Bengkuang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan!

 

2. Mengelola Berat Badan

Bagi mereka yang peduli dengan berat badan, bengkuang dapat menjadi sekutu yang baik. Kandungan serat tinggi dalam bengkuang memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengurangi keinginan untuk ngemil secara berlebihan. Selain itu, buah ini rendah kalori dan lemak, menjadikannya pilihan camilan sehat untuk mendukung program penurunan berat badan.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Bengkuang mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A, yang berperan dalam melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan kalium dalam buah ini juga membantu menjaga tekanan darah yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Menyehatkan Mata

Vitamin A yang tinggi dalam bengkuang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga keutuhan sel-sel mata, mencegah kekeringan mata, dan mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia.

 

BACA JUGA:Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

 

5. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Bengkuang mengandung vitamin C, yang dikenal sebagai penangkal radikal bebas dan penguat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit, pembuluh darah, tulang, dan jaringan ikat. Dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, bengkuang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

6. Mengendalikan Diabetes

Kategori :