Jokowi Tegaskan Komitmen Indonesia Perkuat Kerja Sama dengan Afrika di Forum Tingkat Tinggi

Jokowi Tegaskan Komitmen Indonesia Perkuat Kerja Sama dengan Afrika di Forum Tingkat Tinggi

Indonesia Perkuat Kerja Sama dengan Afrika--(Sumber Gambar : Antara)

RADAR JABAR - Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama dan solidaritas dengan negara-negara di kawasan Afrika dalam sambutannya saat membuka jamuan santap malam Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2. Acara ini berlangsung di Badung, Bali, Minggu malam.

"Indonesia berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan solidaritas dengan negara-negara di kawasan Afrika," ujar Presiden Jokowi.

Pernyataan ini menegaskan tekad Indonesia untuk terus membangun hubungan yang lebih erat dengan negara-negara di Afrika, tidak hanya dalam bidang ekonomi, tetapi juga dalam berbagai aspek lain seperti sosial dan politik.

Presiden Jokowi juga menekankan bahwa komitmen tersebut tidak akan berhenti di akhir masa jabatannya.

 

BACA JUGA:Jokowi Terima Penghargaan Agricola Medal dari FAO: Pengakuan Internasional atas Ketahanan Pangan Indonesia

BACA JUGA:Istana Klarifikasi Spekulasi Perpu Pilkada Dari Presiden Jokowi

 

Ia memastikan bahwa pemerintahan selanjutnya yang dipimpin oleh Prabowo Subianto, selaku calon presiden terpilih pada Pilpres 2024, akan meneruskan upaya untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara Afrika.

"Komitmen ini juga akan diteruskan oleh pemerintahan selanjutnya," tambah Jokowi, menunjukkan konsistensi Indonesia dalam memperkuat kerja sama internasional, khususnya dengan Afrika.

Indonesia merasa terhormat menjadi tuan rumah untuk perhelatan penting ini. Jokowi meyakini, melalui forum ini, Indonesia bersama negara-negara Afrika dapat mengedepankan pembangunan global yang inklusif dan berkelanjutan.

HLF MSP 2024 mengusung tema, "Strengthening Multi-Stakeholder Partnerships: Towards a Transformative Change", sementara IAF ke-2 mengangkat tema "Bandung Spirit for Africa’s Agenda 2063". Kedua tema ini mencerminkan semangat untuk mendorong perubahan yang positif dan inklusif, serta memperkuat kemitraan lintas benua.

 

BACA JUGA:Prabowo Ingin Percepat Pembangunan IKN, Jokowi Serahkan Keputusan kepada Presiden Baru

Sumber: beranda antara