4 Hal yang Harus Dilakukan Jika Tersinggung dan Menyinggung Perasaan Orang Lain

4 Hal yang Harus Dilakukan Jika Tersinggung dan Menyinggung Perasaan Orang Lain

Hal yang Harus Dilakukan Jika Tersinggung-Ilustrasi/Unsplash-

RADAR JABAR - Kadang niat baik tidak selalu membawa hasil yang baik. Apa yang kita anggap baik, tanpa disadari, bisa saja menyinggung perasaan orang lain. Kesalahpahaman ini sering terjadi antar manusia dan kadang sulit dihindari.

Namun, yang lebih penting adalah bagaimana kita menyikapi situasi tersebut. Setiap orang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda, begitu juga dengan topik sensitif yang dirasakannya.

Apa yang menurutmu biasa saja, bisa jadi sangat sensitif bagi orang lain, mungkin karena terkait dengan pengalaman masa lalunya, situasi yang sedang dialaminya, atau mungkin orang tersebut hanya ingin mencari masalah. Kadang masalahnya bukan pada dirimu, tetapi pada orang tersebut.

Itulah mengapa kita perlu bersikap bijak dan memahami kondisi itu. Kali ini, kami akan membahas apa yang harus kamu lakukan ketika menyinggung perasaan orang lain. Setiap manusia pasti memiliki titik buta masing-masing, yaitu bias yang muncul ketika kita berinteraksi dengan orang lain.

Ini bukan berarti kamu adalah orang yang jahat, tetapi ini adalah kekurangan kita sebagai manusia, terutama jika sehari-hari kita banyak berinteraksi dengan orang lain. Ketidakpahaman adalah hal yang lumrah terjadi, dan tidak jarang perasaan menjadi terluka.

Namun, perlu dipahami bahwa ini bukan berarti kamu tidak boleh bicara tentang apa yang kamu rasakan. Kamu tetap boleh mengutarakan perasaanmu, tetapi ketika ada yang merasa tersinggung, kita perlu meminta maaf dan melanjutkan kehidupan.

BACA JUGA:5 Ciri-Ciri Orang Mudah Tersinggung Menurut Psikologi

Ini sering kali sulit dipahami, terutama di media sosial atau oleh seorang figur publik. Satu kesalahan yang dilakukan sering kali dibesar-besarkan dan dianggap sebagai kesalahan fatal, padahal belum tentu demikian. Bisa saja apa yang diungkapkan muncul karena emosi sesaat, ketidakfokusan, atau banyak alasan lainnya.

Penting untuk diperhatikan bahwa jika kita ingin bekerja sama sebagai sebuah masyarakat, kita harus menjadi lebih pemaaf. Kita perlu memahami bahwa setiap manusia memiliki bias, dan selama mereka mau belajar dari kesalahan serta memperbaikinya sedikit demi sedikit, itu sudah merupakan langkah yang sangat baik.

Ada beberapa hal penting yang tidak boleh kamu lakukan ketika berada di situasi di mana kamu, baik sengaja maupun tidak, menyinggung perasaan orang lain:

1. Menyalahkan pihak yang merasa tersakiti

Kamu mungkin merasa terdorong untuk mengatakan, "Seharusnya jangan baper dong," atau "Masa gitu aja kesal." Sayangnya, ungkapan tersebut tidak membantu sama sekali. Justru sebaliknya, reaksi ini bisa membuat orang yang tersinggung semakin kesal karena mereka merasa tidak didengar atau perasaannya tidak diakui.

2. Secara defensif mengatakan bahwa kamu tidak bermaksud buruk

Tidak peduli seberapa tulus niatmu untuk membela diri, orang yang mendengarkan belum tentu merasakan hal yang sama. Jarang sekali apa yang kamu katakan bisa memberikan mereka ketenangan atau mengakomodir perasaan mereka. Sikap defensif ini cenderung fokus pada dirimu sendiri dan berusaha membebaskanmu dari rasa bersalah, daripada berusaha memahami orang yang sedang tersakiti.

BACA JUGA: 10 Tips Menolak Ajakan Bukber Tanpa Menyinggung Perasaan Orang Lain

3. Tidak mempedulikan reaksi negatif terhadapmu

Salah satu alasan paling umum mengapa sebuah konflik yang bermula dari orang yang tersinggung sering kali tidak terselesaikan adalah karena respon umumnya adalah menghindari konflik tersebut atau takut bahwa apa pun yang dilakukan justru bisa memperburuk keadaan.

Bagaimana cara yang benar menghadapi situasi ini?

Sumber: