5 Kunci Kebahagiaan Hidup Tanpa Harus Berusaha Membahagiakan Orang Lain

5 Kunci Kebahagiaan Hidup Tanpa Harus Berusaha Membahagiakan Orang Lain

Kunci Kebahagiaan Hidup-Ilustrasi/Unsplash-

BACA JUGA:5 Cara Menikmati Hidup Tanpa Pacaran dengan Penuh Kebahagiaan

Hidup di dunia ini seperti apa yang Anda impikan. Mungkin Anda melihat artis ternama di acara TV dan ingin menjadi seperti mereka. Anda melihat YouTuber terkenal dengan koleksi mobil mewah dan berharap bisa seperti mereka.

Anda melihat pasangan tampan menikah dengan pasangan cantik dan berkhayal agar pasangan Anda bisa sama seperti mereka. Saat menonton drama Korea, Anda berharap kisah cinta Anda bisa seperti di film.

Bayangkan jika Anda memiliki semuanya terkenal seperti Raffi Ahmad, memiliki koleksi mobil mewah seperti Atta Halilintar, memiliki pasangan setampan Hamish Daud dan secantik Raisa, serta menjalani hubungan yang kekal seperti Pak Habibie dan Bu Ainun. Namun, bayangan itu tidak perlu diteruskan karena tidak akan pernah terjadi.

Sudahlah, hidup ini terlalu singkat untuk berkhayal menjadi orang lain. Semua itu bagaikan punguk merindukan bulan.

3. Kembali ke Realita

Memiliki impian itu wajar, tetapi jika Anda memiliki semuanya, rasanya tidak adil. Sangat tidak adil jika hanya ingin memiliki yang enak-enak saja tanpa mau mengambil sisi sulitnya.

Jangan habiskan waktu Anda untuk selalu membayangkan apa yang tidak pernah terjadi pada diri Anda. Jangan sia-siakan hidup dengan terus membandingkan diri dengan kesuksesan orang lain.

BACA JUGA:5 Tanda Kamu Bahagia Menikmati Waktu Sendiri

Kembalilah ke realita. Kita tidak mungkin bisa menjadi segalanya seperti mereka. Setiap orang lahir dengan perbedaan. Manusia tidak diciptakan seperti hasil copy-paste, mereka diciptakan dengan perencanaan dari awal hingga akhir. Selalu ada maksud mengapa Anda ada di dunia ini.

4. Jadilah Diri Sendiri

Anda mungkin sibuk mencari tahu siapa diri Anda sebenarnya, padahal jawabannya adalah diri Anda sendiri. Jadilah diri Anda sendiri, karena menjadi asli lebih terhormat daripada menjadi duplikat orang lain.

Jadilah diri sendiri, karena Allah selalu menciptakan setiap individu dengan kesempurnaan. Yang membuat hidup Anda terasa tidak sempurna adalah keinginan Anda yang terus-menerus untuk menjadi orang lain.

Tidak perlu memakai topeng ke mana-mana. Bayangkan jika hari-hari Anda, dari pagi hingga malam, hanya diisi dengan berpura-pura. Pasti rasanya tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Anda tidak perlu menjadi orang lain untuk dihormati, dan tidak perlu menjadi orang lain untuk dicintai.

Cinta sejati tidak akan datang dari kehidupan yang penuh kepalsuan. Kita bisa mendapatkan hormat dan cinta dari orang lain karena kita menjadi diri sendiri, ya, menjadi apa adanya.

Hidup itu terlalu berharga. Jangan habiskan sisa usia kita hanya untuk terlihat hebat di mata orang lain, atau untuk mendapatkan pengakuan dari mereka. Sebenarnya, hidup itu sederhana dan murah. Label dan mereklah yang membuatnya terasa mahal. Gengsi yang membuatnya rumit.

BACA JUGA:5 Tanda Orang Tidak Bahagia Padahal Tampak Baik-Baik Saja

Sumber: