21 Kebiasaan Sepele yang Bisa Sebabkan Kanker, Jarang Disadari Orang

21 Kebiasaan Sepele yang Bisa Sebabkan Kanker, Jarang Disadari Orang

Kebiasaan Sepele yang Bisa Sebabkan Kanker-Ilustrasi/Pixabay-

BACA JUGA:Kenali! 10 Gejala Kanker Pankreas, Pemahaman yang Penting untuk Deteksi Dini

15. Memakan Makanan Setengah Matang

Memakan makanan setengah matang dapat meningkatkan risiko kanker otak karena bisa mengandung parasit. Parasit ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang tidak dimasak dengan sempurna. Oleh karena itu, penting untuk memastikan makanan dimasak dengan baik agar semua parasit atau bakteri berbahaya terbunuh.

16. Jarang Sikat Gigi

Bagi kalian yang jarang menyikat gigi, perhatikan hal ini. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, penyakit gusi yang disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk dikaitkan dengan peningkatan risiko sebesar 24% untuk kanker paru-paru dan usus.

Mengabaikan kebersihan mulut dapat menyebabkan peradangan kronis dan infeksi yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta memicu kondisi kesehatan serius, termasuk kanker. Oleh karena itu, penting untuk menyikat gigi dan melakukan flossing secara teratur untuk menjaga kebersihan mulut dan mengurangi risiko penyakit berbahaya lainnya.

17. Tidak Tidur Malam

Mungkin kalian berpikir bahwa yang penting tidur cukup 8 jam. Namun, pembagian waktu kerja di kantor kerap memaksa tubuh untuk beradaptasi, terutama bagi mereka yang bekerja shift malam.

Pada tahun 2013, sebuah studi yang diterbitkan di British Medical Journal menemukan bahwa kerja shift malam dapat meningkatkan risiko kanker. Saat seseorang bekerja shift malam, mereka tidak tidur saat matahari terbenam, sehingga perbaikan DNA dalam tubuh tidak terjadi.

18. Sering Naik Pesawat

Percayakah kalian bahwa terlalu sering naik pesawat dapat meningkatkan risiko terkena kanker? Ya, terlalu sering naik pesawat dapat membuat kita terpapar sinar UV yang lebih tinggi, yang artinya akan meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

BACA JUGA:6 Gejala Awal Kanker yang Sering Tidak Disadari Penderitanya

Penelitian ini dilakukan dalam sebuah studi di JAMA Dermatology pada tahun 2015, yang menemukan bahwa pada ketinggian 30.000 kaki, tingkat sinar UV meningkat dua kali lipat. Jadi, selalu pakailah sunscreen setiap kali keluar rumah.

19. Mencuci Pakaian di Laundry

Saat malas mencuci pakaian, kita sering menggunakan jasa laundry. Namun, tahukah kalian bahwa kebiasaan mencuci pakaian di laundry bisa memicu penyakit kanker?

Menurut laporan dari Environmental Working Group, beberapa sabun yang digunakan tempat laundry mengandung zat kimia berbahaya. Riset menunjukkan bahwa binatang yang terpapar zat kimia tersebut memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker hati daripada yang tidak terpapar.

20. Menyalakan Lilin

Salah satu cara untuk membuat ruangan menjadi wangi adalah dengan menggunakan lilin aromaterapi. Namun, pembakaran bahan-bahan tersebut bisa menghasilkan partikel halus dan senyawa organik volatil yang dapat masuk ke dalam tubuh. Menghirupnya terlalu banyak tentu memiliki efek negatif, yaitu meningkatkan risiko kanker.

21. Oral Seks

Baru-baru ini, diketahui bahwa oral seks dapat meningkatkan risiko kanker tertentu, terutama kanker mulut dan tenggorokan, karena kemungkinan terpapar infeksi Human Papilloma Virus (HPV).

HPV adalah virus yang dapat ditularkan melalui kontak seksual, di mana beberapa jenisnya bersifat karsinogenik dan dapat menyebabkan kanker pada area yang terinfeksi. Untuk mengurangi risiko tersebut, sebaiknya mengambil vaksin HPV dan melakukan pemeriksaan rutin.

Sumber: