Terdapat Jin Jahat yang Tak Mempan Dibacakan Ayat Kursi, Pahami Dulu Kandungan Ayatnya

Terdapat Jin Jahat yang Tak Mempan Dibacakan Ayat Kursi, Pahami Dulu Kandungan Ayatnya

Ada Jin Jahat yang Tak Mempan Dibacakan Ayat Kursi-Unsplash/edited-

Bahkan, mahkota para raja di dunia terlepas dari kepala mereka dan jatuh ke bumi. Lebih hebatnya lagi, fenomena ini sampai membuat gempar dan kegaduhan di mana-mana. Saking gemparnya, setan pun merasakan kekuatan Ayat Kursi sehingga membuat mereka ketakutan. Tak berhenti sampai di situ, ketika fenomena itu terjadi, raja iblis yang juga ketakutan memerintahkan bala tentaranya untuk mencari sumber kekuatan tersebut.

Namun, tahukah kalian apa yang terjadi saat Ayat Kursi telah sampai ke bumi dan diberikan langsung oleh Malaikat Jibril kepada Rasulullah? Dari kejauhan, bala tentara setan semakin bergetar ketakutan.

Karena itu, dengan turunnya Ayat Kursi, wajar jika orang yang membacanya mendapat manfaat berupa perlindungan yang sangat kuat dari Allah. Tentu saja, hal itu menghalangi setan untuk menggoda dan mengajak manusia ke jalan yang sesat.

BACA JUGA:5 Bagian Tubuh yang Paling Disukai Jin

Kondisi tersebut sebagaimana disabdakan dalam salah satu hadis Nabi yang artinya:

"Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata; Rasulullah menugaskan kepadaku untuk menjaga zakat di bulan Ramadan. Kemudian saat aku terlelap, seseorang datang kepadaku dan mencurinya. Lantas aku menceritakannya kepada Rasulullah, dan beliau bersabda; 'Bila engkau hendak tidur, maka bacalah Ayat Kursi. Karena penjagaan dari Allah akan terus bersamamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai subuh. Waspadalah, sebab setan dan jin bisa berkata benar namun ia berdusta'" (HR Bukhari).

Fenomena Jin Tak Mempan Dibacakan Ayat Kursi

Yang mengejutkan, meski hadis tadi secara jelas menyebutkan bahwa Ayat Kursi dapat menjauhkan seseorang dari gangguan jin dan setan, siapa sangka pada kondisi-kondisi tertentu jin maupun setan ternyata tidak takut saat dibacakan ayat tersebut.

Terkait kondisi di mana jin tidak takut saat dibacakan Ayat Kursi, kalian mungkin pernah melihat pengobatan rukyah yang menggunakan Ayat Kursi sebagai bacaan penyembuhannya. Nah, dalam beberapa kasus rukyah, jin yang ada dalam diri manusia terkadang tidak mempan saat dibacakan Ayat Kursi, bahkan ayat-ayat Al-Qur'an yang lain.

Tak bisa dipungkiri, kalian pasti sudah mendengar bahwa sifat dasar jin sangat pandai mengelabui manusia dan akan melakukan berbagai cara agar manusia bisa terjerumus pada kesesatan. Salah satu cara jin mengelabui manusia adalah ketika jin yang merasuki manusia tidak terpengaruh saat dibacakan Ayat Kursi.

Artinya, entah jin tersebut tidak takut atau malah ikut membaca ayat tersebut. Kondisi ini adalah cara mereka mengelabui manusia. Apalagi dengan cara seperti itu, makhluk laknat tersebut akan menampakkan kesan bahwa Ayat Kursi maupun ayat-ayat Al-Qur'an lainnya tidak mempan untuk mengusirnya dari tubuh seseorang. Padahal, respon yang diperlihatkan jin tidaklah sama dengan apa yang sebenarnya mereka rasakan.

BACA JUGA:10 Khasiat Daun Bidara Arab untuk Kesehatan Tubuh Selain Pengusir Jin

Bagaimanapun juga, tujuan utama jin melakukan hal tersebut tak lain dan tak bukan adalah untuk membuat mental dan iman seseorang lemah. Mereka akan mempengaruhi seorang Muslim agar ragu terhadap bacaannya. Jadi, tak heran apabila seorang Muslim mendapati kondisi seperti ini, maka bisa dipastikan bahwa jin sedang menguji iman mereka.

Ditambah lagi, dalam beberapa dalil juga disebutkan bahwa Al-Qur'an tidak hanya bisa didengarkan oleh manusia, tetapi juga pernah didengarkan oleh bangsa jin. Bahkan, setelah mendengarkan Al-Qur'an, mereka menyeru kepada kaumnya untuk kembali beriman. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

“Dan ingatlah (Muhammad), ketika Kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan Al-Qur'an. Maka tatkala mereka mendengarkannya, mereka berkata, 'Diamlah!' Dan ketika pembacaan selesai, mereka kembali kepada kaumnya untuk memberi peringatan. Mereka berkata, 'Hai kaum kami, sesungguhnya kami telah mendengarkan Al-Qur'an yang telah diturunkan sesudah Musa, yang membenarkan kitab-kitab sebelumnya lagi membimbing pada kebenaran dan kepada jalan yang lurus. Hai kaum kami, terimalah seruan orang yang menyeru kepada Allah dan berimanlah kepada-Nya, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa kamu dan melepaskan kamu dari azab yang pedih. Dan orang yang tidak menerima seruan tersebut maka dia tidak akan melepaskan diri dari azab Allah. Sungguh tak ada bagimu pelindung selain Allah dan mereka itu dalam kesesatan yang nyata.'” (QS Al-Ahqaf: ayat 29-32).

Perlu kalian ketahui, sekalipun ayat barusan menyebutkan bahwa jin pernah mendengarkan ayat Al-Qur'an, kondisi itu tidak mengubah fakta bahwa bangsa jin takut terhadap bacaan Al-Qur'an. Sebab, dalam banyak hadis Nabi, Rasulullah sendiri yang mengajarkan bahwa ayat Al-Qur'an, khususnya Ayat Kursi, adalah tameng atau pelindung dari bangsa jin.

Sumber: