BPBD Kabupaten Bandung Sampaikan Potensi Peringatan Dini Ancaman Kekeringan Tahun 2024

BPBD Kabupaten Bandung Sampaikan Potensi Peringatan Dini Ancaman Kekeringan Tahun 2024

BPBD Kabupaten Bandung Sampaikan Potensi Peringatan Dini Ancaman Kekeringan Tahun 2024, Pada Hari Minggu 16 Juni 2024.--Sumber: Ysp Radar Jabar

Namun tahun 2024, lanjut Uka Suska, walau sudah mulai memasuki musim kering dan sewaktu-waktu turun hujan, belum ada keluhan yang berarti di lapangan karena persediaan air bersih secara umum masih relatif tersedia.

Ia memprediksi bahwa tahun 2024 ini, ancaman kekeringan tidak akan sehebat tahun 2023. Sebab tahun 2023, sejak Juni sampai Nopember dilanda kekeringan. 

Ia memprediksi, memasuki bulan Nopember 2023 sudah mulai ada turun hujan.

"Selama musim kering tahun 2023 lalu, sebanyak 1,8 juta jiwa penduduk Kabupaten Bandung yang terlayani air bersih yang didistribusikan oleh BPBD," imbuhnya.

BACA JUGA:Bey Sebut Pj Bupati KBB Baru Dilantik Sabtu

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada para kepala desa, lurah maupun camat untuk mengoptimalkan fungsi dan pemanfaatan embung-embung dalam ketersediaan air untuk antisipasi musim kemarau tersebut.

"Fungsi embung-embung itu adalah untuk menyimpan air. Dengan harapan disaat kemarau bisa digunakan untuk kebutuhan air masyarakat," harapnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat jangan sembarangan membakar sampah. 

"Pengelolaan dan pengurusan sampah bisa lebih optimal dalam upaya pencegahan peristiwa kebakaran," pungkasnya.*** (ysp)

Sumber: