Lupus dan Lusia Jadi Maskot Pilkada Kabupaten Bekasi 2024

Lupus dan Lusia Jadi Maskot Pilkada Kabupaten Bekasi 2024

Maskot Pilkada Kabupaten Bekasi 2024 Lupus dan Lusia fauna endemik Lutung Jawa-Pradita Kurniawan Syah-ANTARA

Radar Jabar Disway – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memulai tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 di daerah tersebut. Mereka memperkenalkan maskot Pilkada Kabupaten Bekasi bernama Lupus dan Lusia di Central Park Meikarta, Minggu 2 Mei 2024.

 

Lupus dan Lusia adalah akronim dari Lutung Pilkada Kabupten Bekasi-Lutung Sarana Integrasi Bangsa, demikian kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Rido. Pemilihan lutung terinspirasi fauna endemik setempat, bertujuan untuk memperkuat penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi 2024.

 

“Dua karakter berpasangan, lelaki dan perempuan, merepresentasikan pemilihan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi sekaligus sosialisasi penting menjaga kelestarian habitat primate yang dapat dijumpai di wilayah Muaragembong. Salah satu wujud nyata yang kami lakukan dengan menjadikan lutung Jawa sebagai maskot Pilkada Kabupaten Bekasi,” ujar Ali di Cikarang, hari Selasa (4/6) dikutip dari Antara Jabar.

 

BACA JUGA:Pemkab Bekasi Meraih Opini WTP untuk Laporan Keuangan TA 2023

 

Tampak pula Lupus dan Lusia menampilkan kearifan lokal berupa pakaian adat khas Kabupaten Bekasi. Lupus mengenakan sadariah beserta bawahan Batik Bekasi, sementara Lusia memakai kebaya encim dengan bawahan Batik Bekasi dan jepit rambut bermotif bunga teratai.

 

“Ini dimaksudkan untuk merefleksikan identitas diri, jati diri, dan symbol kebanggaan masyarakat Kabupaten Bekasi,” imbuh dia.

 

BACA JUGA:Pemkab Bekasi Melanjutkan Penataan Jalan Inspeksi Kalimalang

 

Sumber: