Kabar Rafael Alun Korupsi Rp 3000 Triliun Apakah Benar? Sejumlah Artis Dituduh Terlibat

Kabar Rafael Alun Korupsi Rp 3000 Triliun Apakah Benar? Sejumlah Artis Dituduh Terlibat

Kabar Rafael Alun Korupsi Rp 3000 Triliun-ANTARA/Wahyu Putro-

RADAR JABAR - Sebuah unggahan di salah satu akun media sosial X menjelaskan bahwa jumlah korupsi yang dilakukan oleh mantan pejabat Kementerian Keuangan Rafael Alun ternyata mencapai Rp 3.000 triliun dan tersebar ke-25 artis yang terlibat dalam pencucian uang hasil korupsi tersebut.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“*Gila Korupsi Besar²an.*

Setelah heboh korupsi 271 Trilyun, ternyata ada yg lebih besar lagi yg di korupsi Rafael Alun sebesar 3000 Trilyun, yg mengalir ke 25 artis Pencucian uangnya ,”

BACA JUGA:Arsan Latif PJ Bupati KBB Jadi Saksi Terkait kasus dugaan korupsi proyek Pasar Sindangkasih, Ini Penjelasannya

Namun, benarkah Rafael Alun jadi kasus korupsi terbesar di Indonesia dengan total korupsi Rp3.000 triliun?

Berita dari ANTARA melaporkan bahwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa Rafael Alun Trisambodo bersama istrinya, Ernie Meike Torondek, diduga menerima gratifikasi sebesar Rp18.994.806.137,00 dalam rentang waktu antara bulan Mei 2002 hingga Maret 2013.

Selain itu, Rafael Alun juga diduga menerima sejumlah uang lain yang terkait dengan jabatannya sebagai Pegawai Negeri Sipil di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, dengan total mencapai Rp47,7 miliar, 2.098.365 dolar Singapura, 937.900 dolar AS, dan 9.800 euro.

Tidak hanya itu, jaksa juga percaya bahwa Rafael Alun melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) melalui pembelian sejumlah aset, termasuk tanah, bangunan, dan mobil.

BACA JUGA:LSM PEMUDA Desak KPK Bahas Kasus Korupsi di Sektor Pajak

Saat ini, mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo, telah dijatuhi hukuman penjara selama 14 tahun dan denda sebesar Rp500 juta atau subsider 3 bulan penjara dalam kasus dugaan gratifikasi dan pencucian uang.

Sejumlah Artis Diduga Terlibat Korupsi Rp 3000 Triliun

Unggahan video yang diposting memiliki kesamaan dengan video yang diunggah oleh kanal YouTube iNews yang berjudul “UNGKAPAN! Artis Berinisial R Diduga Terlibat Bisnis dengan Rafael Alun” pada tanggal 5 April 2023.

Dalam video tersebut, Iskandar, seorang perwakilan dari Indonesia Audit Watch, menjadi tamu dalam segmen Aiman The Prime Show. Video tersebut mengindikasikan kemungkinan keterlibatan sejumlah artis dalam kasus tersebut.

Sumber: