Gempa Bumi M 7,5 Dekat Taiwan Picu Peringatan Tsunami untuk Jepang, Taiwan, dan Filipina

Gempa Bumi M 7,5 Dekat Taiwan Picu Peringatan Tsunami untuk Jepang, Taiwan, dan Filipina

Gempa Bumi M 7,5 Dekat Taiwan Picu Peringatan Tsunami untuk Jepang, Taiwan, dan Filipina-Gempa Bumi M 7,5 Dekat Taiwan Picu Peringatan Tsunami -Instagram @FOLKATIVE

ARDAR JABAR - Gempa bumi berkekuatan 7,5 mengguncang wilayah Taiwan pada hari Rabu (3/4/2024) sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Gempa ini memicu peringatan tsunami untuk pulau-pulau selatan Jepang, Taiwan, dan Filipina.

Menurut data dari United States Geological Survey (USGS), gempa tersebut memiliki magnitudo 7,4 pada skala Richter dan pusatnya terletak 18 kilometer selatan Kota Hualien, Taiwan, pada kedalaman 34,8 kilometer.

Badan Meteorologi Jepang memperingatkan bahwa tsunami dengan ketinggian mencapai 3 meter diperkirakan akan segera melanda pulau-pulau terpencil Jepang yang dekat dengan Taiwan, termasuk pulau Miyakojima.

Pemerintah Filipina turut mengeluarkan peringatan tsunami dan menyerukan evakuasi di wilayah pesisir. Peringatan ini dikeluarkan setelah gempa 7,5 M mengguncang Taiwan dan berpotensi tsunami.

"Masyarakat di wilayah pesisir provinsi-provinsi berikut sangat disarankan untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi atau pindah lebih jauh ke daratan," ucap Lembaga Seismologi Filipina. Menurut laporan AFP, Rabu (3/4/2024)

 

BACA JUGA:Inggris Panggil Duta Besar Israel Setelah Kematian Pekerja Bantuan di Gaza

 

Dipastikan Tak Berdampak ke Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa gempa di Taiwan tidak berdampak pada Indonesia. Meskipun demikian, tsunami lokal terjadi di perairan sekitar Taiwan hingga ke negara-negara tetangga.

"Dari hasil pemodelan tsunami dan analisis yang dilakukan oleh BMKG, gempa bumi di Taiwan ini menimbulkan tsunami kecil di laut Taiwan dan sekitarnya, tetapi tidak berdampak signifikan hingga di wilayah Indonesia," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

 

Dampak Gempa: Bangunan Roboh dan Longsor

Gempa bumi tersebut menyebabkan kerusakan parah, termasuk runtuhnya bangunan dan longsor di sepanjang wilayah Taiwan.

Bangunan berlantai 5 di Kota Hualien tampak rusak berat dengan lantai pertama yang runtuh dan sisanya miring pada sudut 45 derajat.

Sumber: