Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Mewisuda 458 Santri Penghafal Qur'an

Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Mewisuda 458 Santri Penghafal Qur'an

--

RADAR JABAR - Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sukamantri Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat mewisuda 458 santri penghafal Qur'an. Kegiatan yang dinamakan Wisuda Khotmil Qur'an Ke-XVII ini dilaksanakan di Lapangan Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, Ahad (31/12/2023).

 

Pimpinan Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, KH Sa'dulloh menyampaikan kegiatan wisuda merupakan kegiatan rutin tahunan yang suka dilaksanakan di Pesantren. Jumlah peserta wisuda untuk tahun ini sebanyak 458 santri yang terbagi dari 6 golongan.

 

Golongan yang pertama yaitu golongan santri yang sudah menghafal Al-Quran juz 30. Jumlah pesertanya ada 251 santri. Golongan yang kedua yaitu santri yang sudah menghafal sebanyak 5 juz. Jumlahnya ada 45 orang.

 

Selanjutnya golongan yang ketiga yaitu para santri yang sudah menghafal sebanyak 10 juz yang berjumlah 53 orang. Golongan yang keempat yaitu para santri yang sudah menghafal 20 juz. Jumlah golongan ini sebanyak 12 orang.

 

Golongan yang kelima yaitu golongan yang sudah menamatkann Al-Qur'an 30 juz dengan dibaca. Golongan ini berjumlah 66 orang. Dan golongan yang terakhir yaitu para santri yang sudah menghafal 30 juz. Jumlah golongan ini sebanyak 31 orang.

 

Rangkaian kegiatan wisuda tahun ini dilaksanakan selama seminggu, lanjut KH Sa'dulloh. Dimulai pada tanggal 25 sampai 31 Desember 2023. Hari pertama awal kegiatan dimulai dengan pelaksanaan Musyabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) antar pesantren se-Kabupaten Sumedang.

 

Hari kedua diisi dengan kegiatan halaqoh ulama Al-Qur’an dan seminar kesehatan sehat ala warisan nusantara. Hari ketiga di isi dengan kegiatan temu alumni Pesantren Lirboyo se-Jawa Barat dan Musyawarahken Cabang III Himasal Priangan.

 

Sumber: