Cegah Remaja Idap Anemia, Pemkab Cirebon Gencar Berikan Tablet Darah

Cegah Remaja Idap Anemia, Pemkab Cirebon Gencar Berikan Tablet Darah

Cegah Remaja Idap Anemia, Pemkab Cirebon Gencar Berikan Tablet Darah -Suasana kegiatan kampanye asupan gizi seimbang dan program pemberian tablet darah di SMAN 1 Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (9/11)-ANTARA/HO-Pemkab Cirebon

RADAR JABAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, Jawa Barat, terus mengupayakan program pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri di wilayah mereka dan memberikan pengetahuan kepada siswa-siswa untuk menjaga asupan gizi yang seimbang dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Dokter Neneng Hasanah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Cirebon, menjelaskan bahwa program pemberian tablet darah terbukti cukup efektif dalam mencegah anemia yang berkelanjutan pada siswi-siswi. Menurutnya, hampir 53 persen remaja putri di Kabupaten Cirebon menderita anemia berdasarkan hasil penapisan.

"Pada 2023 dari 40 persen sasaran 'screening' anemia remaja putri, sekitar 53 persen remaja putri di Cirebon menderita anemia" ujar Neneng.

BACA JUGA:Pemerintah Akan Bagi-bagi Insentif Untuk Memudahkan Masyarakat Membeli Rumah dengan Harga Lebih Murah!

Neneng mengatakan bahwa jika kondisi ini tidak diatasi, hal itu dapat berdampak negatif pada siswi-siswi di Cirebon. Misalnya, dapat mengurangi tingkat konsentrasi belajar mereka, yang pada akhirnya akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Oleh karena itu, Pemkab Cirebon mengintensifkan program pemberian tablet tambah darah secara berkesinambungan.

Neneng juga menyoroti pentingnya asupan makanan yang dapat memengaruhi pertumbuhan remaja putri dan remaja laki-laki.

BACA JUGA:Kabar Baik! Tunjungan Sertifikasi Guru akan Meningkat di Tahun 2024

"Kalau mau jajan makanan, tolong diperhatikan. apakah makanan itu mengandung zat gizinya, terutama mengandung protein" tuturnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Cirebon, Hilmy Riva'i, menegaskan bahwa program dan kampanye edukasi tentang asupan gizi yang seimbang harus didorong di sekolah-sekolah. Sebagai contoh, Hilmy menyebut bahwa mereka sudah melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada 1.200 pelajar di SMA Negeri 1 Dukupuntang, Cirebon.

Hilmy mendorong para remaja untuk selalu menjaga pola makan yang sehat, sehingga mereka dapat dipersiapkan sebagai generasi emas yang akan melanjutkan kemajuan di berbagai sektor di Cirebon.

"Siswa-siswi di sini akan menggantikan para pemimpin sekarang. Maka perlu disiapkan, mulai dari asupan makanan yang sehat, bergizi, serta nutrisinya harus bagus" ujar Hilmy.

Sumber: antara