Review Lengkap Moge Listrik Livewire One: Desain Gagah Ala Hayley Davidson dengan Performa Tangguh

Review Lengkap Moge Listrik Livewire One: Desain Gagah Ala Hayley Davidson dengan Performa Tangguh

Review Lengkap Moge Listrik Livewire One Punya Desain Ala Harley Davidson-RJ-

Di sebelahnya, terdapat tombol riding mode untuk mengganti mode berkendara. Di bawahnya, ada tombol roll untuk menavigasi menu di panel instrumen dan juga sebagai tombol kembali.

Kemudian, spionnya memiliki bentuk yang mirip dengan Harley Davidson, sesuai dengan bentuk bodi motor.

Mari kita fokus pada panel saklar di sisi kiri. Di sini, ada beberapa tombol. Ada tombol kontrol traksi untuk mengaktifkannya atau mematikannya, serta tombol klakson yang cukup keras.

Ada juga tombol untuk mengatur lampu jauh-dekat, tombol P beam (penerangan jarak jauh), tombol sein kiri, dan tombol untuk mengontrol aplikasi smartphone. Di bawahnya, terdapat tombol untuk mengatur kecepatan kruis (cruise control).

Di bagian depan panel saklar, terdapat tombol untuk mengganti mode berkendara, seperti odometer, tripmeter, dan lain-lain. Panel instrumen itu sendiri adalah layar TFT digital penuh, yang menyajikan informasi-informasi seperti mode berkendara.

Ada lima mode berkendara yang ditawarkan yaitu Sport, Road, Rain, Range, dan Custom. Mode Custom memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan pengaturan sesuai dengan preferensi mereka. Mode Sport memiliki respon gas dan regenerative brake yang lebih agresif, sedangkan Mode Range memiliki daya yang lebih rendah untuk meningkatkan jarak tempuh.

Selain itu, panel instrumen juga menampilkan informasi lain seperti odometer, tripmeter, jam, dan indikator sisa daya baterai.

Di bawah panel instrumen, terdapat indikator sisa daya baterai yang menunjukkan tingkat daya baterai yang tersisa (misalnya, 46%) dan jarak yang masih bisa ditempuh (misalnya, 111 km). Panel ini juga dapat menampilkan informasi lain seperti regenerative brake dan suhu baterai.

Sistem Rem

Untuk sistem pengereman, Livewire One dilengkapi dengan double cakram yang menggunakan rem Brembo dengan kaliper radial 4 piston. Tentu saja, ada sistem ABS.

Tentunya, ada master rem di bagian depan, yang memiliki desain khas Harley Davidson. Namun, yang agak aneh adalah handle grip yang pendek dan polos, tanpa gurat-gurat atau bandul stang.

Wajar jika tidak ada bantalan stang karena motor listrik tidak menghasilkan getaran, sehingga tidak diperlukan. Namun, mengapa handle grip-nya begitu polos dan pendek, itu adalah pertanyaan.

Ini tampaknya karena handle grip ini berakhir secara tiba-tiba di tangan pengendara. Ini juga tampak seperti ada sisa dari handle R yang jauh, seolah-olah tumpang tindih.

Sistem Pengisian Baterai

Kemudian, jika kita melihat ke bagian belakang motor Livewire One, ada yang disebut "tangki," tetapi sebenarnya ini adalah tempat untuk mengisi daya baterai saat pengisian ulang, bukan tangki bahan bakar seperti pada motor berbahan bakar.

Terdapat dua lubang colokan untuk mengisi daya motor, satu untuk pengisian biasa dan satu lagi untuk pengisian cepat (fast charging). Jadi, jika Anda menggunakan pengisian standar, waktu pengisian penuhnya akan memakan waktu sekitar 11 jam, sementara pengisian cepat DC hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam.

Namun, pengisian cepat ini memerlukan daya yang cukup besar, dan daya minimum yang dibutuhkan juga cukup besar karena baterainya memiliki kapasitas yang besar, yaitu 15,4 kilowatt-jam.

Sumber: