Puan Maharani Sebut DPR Akan Terus Perjuangkan Demi Kesejahteraan Rakyat

Puan Maharani Sebut DPR Akan Terus Perjuangkan Demi Kesejahteraan Rakyat

Puan Maharani Sebut DPR Akan Terus Perjuangkan Demi Kesejahteraan Rakyat-Potret Puan Maharani dalam Sidang Paripurna DPR RI-Instagram/puanmaharaniri

RADAR JABAR - Puan Maharani selaku Ketua DPR RI telah memastikan agar DPR selalu terus berjuang memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. DPR akan meberikan kesejahteraan rakyat melalui fungsi serta kewenangan yang dimilikinya meskipun belum secara maksimal.

"DPR menyadari bahwa belum maksimal dalam memperjuangkan aspirasi kebutuhan rakyat yang diwakilinya, tetapi DPR berharap agar masyarakat di daerah mengetahui bahwa DPR senantiasa terus mengupayakan penyerapan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dan ditindaklanjuti melalui pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangannya" ujar Puan Maharani dalam pidato di Rapat Paripurna HUT ke-78 DPR di Gedung Nusantara yang berada di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (29/8).

Pada pidato pembukaan tersebut bertemakan "DPR RI Mengawal Demokrasi Menuju Indonesia Maju" tersebut Ketua DPR RI itu menyampaikan mengenai Laporan Kinerja DPR RI Tahun idang 2022-2023. Ia berpesan kepada para anggota dewan agar terus menyosialisasikan laporan kinerja DPR tersebut pada seluruh konstituen yang berada di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Selain iu, Puan juga menyampaikan bahwa DPR RI telah menjalankan fungsi serta kewenangannya dalam memberikan persetujuan pada pemindahan aset negara serta perjanjian yang berakibat luas dan mendasar bagi kehidupan rakyat Indonesia. Selain itu DPR juga memberikan persetujuan kepada pemilihan pejabat publik di lembaga negara.

"Pada tahun sidang ini, DPR RI telah membahas mengenai pengangkatan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk negara sahabat sebanyak 37 negara. DPR RI juga memberikan kewarganegaraan Republik Indonesia (naturalisasi) kepada tujuh olahragawan. Fungsi pengawasan DPR RI juga diarahkan untuk meningkatkan kinerja Pemerintah dalam menyelesaikan urusan-urusan rakyat sehingga hidup rakyat semakin mudah dan sejahtera" ujar Puan.

Dalam rapat paripurna itu turut hadir Akbar Tanjung selaku Ketua DPR RI Periode 1999-2004, Angung Laksono selaku Ketua DPR RI Periode 2004-2009, serta Marzuki Alie selaku Ketua DPR RI Periode 2009-2014. Turut hadir juga Ahmad Basarah selaku Wakil Ketua MPR RI, Nono Sampono selaku Wakil Ketua DPD RI, Isma Yatu selaku Ketua BPK RI, Anwar Usman selaku Ketua Mahkamah Konstitusi (MIK), Hakim Agung SYamsul Maarif yang mewakili Mahkamah Agung (MA), serta Amzulian Rifai selaku Ketua Komisi Yudisial (KY).*

Sumber: