Mengapa Harga Vespa Mahal? Ini 5 Penyebab Vespa Lebih Mahal dari Motor Jepang

Mengapa Harga Vespa Mahal? Ini 5 Penyebab Vespa Lebih Mahal dari Motor Jepang

Mengapa harga Vespa mahal? Ini 5 alasannya-Pixabay/Mariya m-

Di sisi lain, produsen lain cenderung membuat desain baru untuk memenuhi permintaan pasar, meninggalkan bentuk asli motor mereka. Bahkan Yamaha dan Honda sering menghadirkan desain baru untuk berbagai jenis motor mereka.

Sehingga, ketika orang berbicara tentang Honda, persepsi tentang desain produknya bisa beragam, karena Honda memiliki berbagai model yang berbeda. Sementara itu, ketika orang berbicara tentang Vespa, yang muncul dalam pikiran adalah motor dengan bentuk yang bulat, lucu, dan unik.

Mengendarai Vespa seperti mengatakan, "Motor saya adalah Vespa, bukan motor biasa yang umum digunakan."

3. Merek yang Esklusif

Alasan selanjutnya mengapa harga Vespa mahal adalah merek itu sendiri. Beberapa orang yang bersedia membayar lebih mahal untuk barang dengan alasan sederhana ini. Mereka ingin memiliki sesuatu yang tidak umum dimiliki oleh banyak orang.

Ketika kita melihat penggunaan sehari-hari, mayoritas orang menggunakan merek-merek motor Jepang seperti Honda Beat, Vario, dan PCX. Yamaha juga memiliki Mio dan Nmax. Namun, ketika seseorang memilih untuk mengendarai Vespa, ia akan terlihat berbeda.

Terutama karena Vespa memiliki ciri khas desain yang kuat. Meskipun saya sendiri tidak memiliki pemahaman mendalam tentang model Vespa, jika saya melihat model seperti itu di jalan, saya segera tahu bahwa itu adalah Vespa.

Perbedaannya dengan Yamaha dan Honda sangat jelas. Honda mungkin merilis model baru, dan saya bisa saja salah mengira bahwa itu adalah produk Honda. Namun, saat saya mendekatinya atau melihatnya dari kejauhan, perbedaan antara Yamaha dan Vespa terlihat jelas.

Ciri khas desain yang kuat ini membuat orang langsung menyadari bahwa itu adalah motor Vespa.

4. Suku Cadang Impor dari Luar Negeri

Selanjutnya, mengapa Vespa memiliki harga mahal adalah karena produk ini dibuat secara utuh di luar negeri, khususnya di Vietnam, sehingga terdapat tambahan biaya yang membuat harganya menjadi lebih mahal.

BACA JUGA:Vespa Elettrica: Motor Listrik Terbaik dan Tercanggih yang Pernah Ada! Tenaga Super Kuat, Harganya Berapa?

Namun, berdasarkan laporan dari CNN Indonesia, Piaggio rencananya akan memulai produksi Vespa di Indonesia tahun ini. Ini mungkin dapat menurunkan harga Vespa di pasar lokal. Meskipun demikian, harganya kemungkinan masih tidak akan sejauh Honda Beat dalam hal harga yang lebih terjangkau.

5. Punya Sisi Nostalgia

Salah satu alasan kenapa Vespa dianggap unik adalah berdasarkan pengalaman kami pernah bertanya kepada seseorang, "Kenapa kamu memilih Vespa meskipun harganya lebih mahal? Mengapa tidak memilih PCX atau NMax?"

Jawabannya adalah karena dulu, saat masih kuliah, ia sangat menyukai Vespa namun belum memiliki cukup uang untuk membelinya. Sekarang, setelah memiliki uang, saat ia melihat Vespa, meskipun modelnya berbeda dengan yang ia sukai dulu, Vespa tetaplah Vespa.

Ia merasa seperti mendapatkan cinta masa lalunya yang tidak pernah bisa dimiliki karena keterbatasan finansial. Namun, sekarang, ketika ia mampu, ia dapat memiliki Vespa yang ia dambakan.

Sumber: