Jalur KA Pasca Insiden Tabrakan Antar Kereta Api dengan Truk Sudah Bisa Diakses

Jalur KA Pasca Insiden Tabrakan Antar Kereta Api dengan Truk Sudah Bisa Diakses

Rangkaian KA barang melintas di jalur KA lokasi kecelakaan KA Brantas di persimpangan Jalan Madukoro Semarang--ANTARA/ HO-KAI Daop Semarang

RADAR JABAR - Jalur Kereta Api (KA) pada Jalan Madukoro, Kota Semarang kini sudah dapat diakses usai evakuasi lokomotif pada Rabu dini hari (19/7). Sebelumnya perlintasan jalan tersebut sempat alami gangguan pasca insiden tabrakan antar KA Brantas dengan truk trailer yang menyebabkan kebakaran.

Insiden tersebut menyebabkan lokomotif dan kepala truk tersebut sebelumnya sempat tersangkut di jempatan KA pada Kanal Barat Semarang. Meskipun evakuasi lokomotif telah rampung pada Rabu dini hari (19/7) namun jalur tersebut hanya bisa dilalui dengan kecepatan yang terbatas.

"Evakuasi lokomotif selesai pukul 04.28 WIB, jalur bisa dilalui namun dengan kecepatan terbatas" ujar Ixfan Hendri Wintoko selaku Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang pada siaran pers.

BACA JUGA:KAI Sterilisasi Jalur Jerakah-Semarang Poncol Pasca Tabrakan Kereta Api dengan Truk

Menurutnya, KA Gumarang dengan tujuan Jakarta-Surabaya merupakan kereta yang lewat pada jalur tersebut yang alami insiden tabrakan dengan kecepatan 5 km per jam. Ixfan menuturkan bahwa kini dua jalur KA pada lokasi insiden tersebut sudah bisa dilalui oleh Kereta Api.

"Satu jaur sudah bisa dilalui dengan kecepatan normal, untuk jalur yang terjadi temperan bisa dilalui dengan kecepatan terbatas" ujarnya.

BACA JUGA:Kereta Tabrak Truk Kontainer Mogok di Semarang, Disertai Ledakan dan Kobaran Api

Karena insiden tersebut, PT KAI akan terus berupaya untuk memulihkan jalur secepatnya agar perjalanan KA kembali normal. Meskipun dua jalur tersebut sudah mampu beroperasi, namun masih ada beberapa KA yang terdampak perjalanannya akibat kecelakaan tersebut.

Kereta Api yang terdampak, yaitu KA Pandalungan, KA Harina, KA Argo Muria, dan KA Gumarang. Kereta-kereta tersebut mengalami keterlambatan perjalanan hingga mencapai 146 menit yang dialami oleh KA Gumarang.

BACA JUGA:Akibat Mogok, Kontainer Ditabrak Kereta Api Hingga Muncul Kobaran Api

Menurut Ixfan, PT KAI telah memberikan kompensasi kepada penumpang yang terdampak keterlambatan perjalannya. Kompensasi tersebut berupa makanan berat serta minuman.

Sebelumnya, telah terjadi insiden tabrakan antar kereta api dengan truk trailer di perlintasan jalan Madukoro, Semarang Barat pada Selasa malam (18/7). Akibat tabrakan tersebut terjadi ledakan yang menyebabkan api melalap bagian lokomotif kereta.*

Sumber: