9 Rekomendasi Kuliner Paling Enak, Terkenal, dan Legendaris di Semarang Wajib Banget Dicoba!

9 Rekomendasi Kuliner Paling Enak, Terkenal, dan Legendaris di Semarang Wajib Banget Dicoba!

Semarang merupakan salah satu kota terbesar di indonesia. Kota ini memiliki banyak sejarah seperti bangunan-bangunan di kawasan kota lama di Semarang--Sumber Gambar: iStock.com

RADAR JABAR - Semarang merupakan salah satu kota terbesar di indonesia. Kota ini memiliki banyak sejarah seperti bangunan-bangunan di kawasan kota lama di Semarang. Selain itu, Semarang juga dikenal dengan kuliner khasnya yang populer. Berikut adalah beberapa masakan legendaris yang dapat Anda temui di Semarang.

1. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah salah satu hidangan ikonik yang berasal dari Semarang. Ini adalah lumpia dengan kulit tipis yang diisi dengan rebung, telur, udang, daging ayam, dan beberapa bahan lainnya. Lumpia Semarang biasanya disajikan dengan saus kacang yang gurih.

2. Nasi Ayam Bu Tjondro

Nasi Ayam Bu Tjondro adalah hidangan nasi ayam yang terkenal di Semarang. Nasi ayam ini disajikan dengan potongan ayam yang dimasak dengan rempah-rempah, lauk-pauk seperti telur, sayuran, dan ditambahkan dengan bumbu khusus. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kuah ayam yang lezat.

3. Wingko Babat

Wingko Babat adalah makanan tradisional yang terbuat dari kelapa parut, gula merah, dan tepung ketan. Makanan ini memiliki rasa manis dan tekstur yang kenyal. Wingko Babat sering dijadikan oleh-oleh khas Semarang.

BACA JUGA:Jangan Terlewatkan! Inilah 7 Makanan Paling Populer Khas Surabaya, Yang Suka Kulineran Wajib Banget Coba!

4. Bandeng Presto

Bandeng Presto adalah bandeng (ikan nila) yang dimasak dengan cara presto. Ikan ini digoreng hingga kulitnya renyah, tetapi dagingnya tetap empuk dan gurih. Bandeng Presto sering disajikan dengan nasi, sambal, dan lalapan.

5. Semarang Gudeg

Gudeg adalah hidangan khas Yogyakarta, tetapi ada juga versi Gudeg khas Semarang. Gudeg Semarang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam santan dan bumbu khusus. Rasanya manis dan biasanya disajikan dengan nasi, ayam suwir, telur, dan sambal goreng krecek.

6. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal adalah hidangan yang terdiri dari tahu goreng yang disajikan dengan irisan kol, tauge, kerupuk udang, dan disiram dengan saus kacang yang gurih. Rasanya segar dan cocok untuk camilan atau makanan ringan.

7. Soto Bangkong

Soto bangkong adalah olahan soto yang terdapat di Rumah makan Jalan Brigjen Katamso Semarang. Nama bangkong sendiri diambil dari tempat pendirian dari soto yang telah ada sejak 1950 ini, yakni Perempatan Bangkong.

Perbedaan makanan asli Semarang ini adalah kuahnya yang bening walaupun warnanya agak cokelat. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Kuliner yang Enak dan Terkenal di Bandung, Wajib Pisan Cobain!

8. Mie Kopyok

Mie kopyok adalah makanan dengan bahan utama mie lalu ditambah dengan tetelan daging dengan tambahan lauk berupa tahu dan kerupuk gendar. Gendar merupakan kerupuk yang terbuat dari adonan nasi dengan rasa renyah nan gurih.

Nama mie kopyok bukanlah nama satu-satunya, karena ada nama lain yang melekat pada makanan ini, seperti mie lontong dan mie teng-teng.

9. Nasi Goreng Babat Gongso

Nasi Goreng Babat Gongso merupakan nasi goreng yang disekitarnya ditambah dengan babat alias kulit sapi bagian lambung. Babat tersebut dipotong dadu, kebanyakan penjual ada yang mengeroknya ada juga yang tidak mengerok babatnya.

Sumber: