Courtois Bongkar Kunci Sukses Real Madrid Redam Erling Haaland di Leg 1 Semifinal Liga Champions

Courtois Bongkar Kunci Sukses Real Madrid Redam Erling Haaland di Leg 1 Semifinal Liga Champions

Courtois Bongkar Kunci Sukses Real Madrid Redam Erling Haaland di Leg 1 Semifinal Liga Champions-Erling Haaland (kiri) dan Thibaut Courtois (kanan) di Laga Semifinal Leg 1 UCL Real Madrid vs Manchester City-Tangkapan Layar Aplikasi Resmi UEFA Champions League

Radar Jabar – Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, membeberkan cara timnya meredam ‘mesin gol’ Manchester City, Erling Haaland, di leg 1 semifinal Liga Champions 2022/2023. Pertandingan di Santiago Bernabeu pada Rabu (10/5) dini hari WIB itu berakhir 1-1, dan bukan Haaland salah satu pencetak golnya.

 

Erling Haaland, pemain yang sudah mengemas 51 gol sejauh musim 2022/2023, dibuat frustasi oleh barisan pertahanan El Real. Seperti bek Antonio Rudiger sukses ‘mengantongi’ striker asal Norwegia itu yang nyaris tanpa tembakan ke gawang, dan membuat lebih sedikit sentuhan daripada Ederson kiper City.

 

Setelah pertandingan, Courtois membahas taktik timnya serta bagaimana pertahanan mereka mampu membuat Haaland ‘mati kutu’. Eks kiper Chelsea itu mengatakan kunci sukses Real Madrid adalah menutup ruang bagi sang bomber.

 

“Jika Anda ingin bertahan melawan Haaland, Anda jangan memberinya ruang untuk berlari. Kami berusaha menghindari itu,” ujar Thibaut Courtois dikutip dari Metro.co.uk.

 

“Kami bermain bagus. Akibatnya mereka (Manchester City) lebih banyak menembak dari jarak jauh. Itu mendorong kami lebih dalam,” sambungnya.

 

Meskipun Erling Haaland mengalami malam yang berat, The Cityzens masih mampu mencetak gol demi bangkit dari ketertinggalan 1-0 atas Los Blancos. Tim tamu tertinggal lebih dahulu melalui sepakan jarak jauh Vinicius Junior pada menit ke-36 babak pertama.

 

Adapun City menghasilkan gol balasan ketika babak kedua tepatnya menit ke-67, berkat tendangan ‘roket’ lainnya dari Kevin De Bruyne. Mereka juga bisa mempertahankan kedudukan dan membuat Real Madrid gagal menang di kandangnya.

 

“Seri yang bagus dan segalanya untuk dimainkan minggu depan. Ini akan menjadi seperti final. Kami cukup bagus dalam memenangkan final. Mudah-mudahan kita bisa mentalisasi seperti itu,” kata Courtois.

 

“Man City adalah tim yang bermain dengan penguasaan bola. Dengan Haaland mereka bermain lebih direct. Terkadang di Premier League, Edrson menendang sangat dalam. Kami turun untuk tidak memberi mereka ruang itu.”

 

“Terkadang kami tidak mengointrol permainan kami. Mereka menekan dengan baik dan Anda tidak ingin mengambil terlalu banyak risiko di lini belakang,” pungkasnya.

 

Kedua tim selanjutnya dijadwalkan melakoni leg 2 semifinal Liga Champions 2022/2023 pada Kamis (18/5) tapi sebelum itu akan bertanding di liga masing-masing. Akhir pekan ini, Manchester City akan bertandang ke markas Everton dalam laga EPL, sedangkan Vinicius cs berjumpa Getafe di La Liga.

Sumber: