Ratusan Pelaku UMKM Meriahkan Ramadan Fest di Komplek Balaikota Bogor

Ratusan Pelaku UMKM Meriahkan Ramadan Fest di Komplek Balaikota Bogor

Salahsatu Pelaku UMKM saat menawarkan produknya diajang Balkot Ramadhan Fest 2023 di Plaza Balaikota Bogor, Senin (10/4). (Yudha Prananda / Jabar Ekspres)--

RADARJABAR.ID, - Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Kota Bogor memeriahkan ajang festival Ramadhan yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor di komplek Balaikota Bogor pada Senin, 10 April 2023.

 

 

Sedikitnya ada 150 pelaku UMKM dari berbagai bidang yang terlibat dalam event yang diberi nama  'Balkot Ramadhan Fest 2023' tersebut. Mereka menggelar lapak dagangannya  disekeliling Balaikota Bogor selama lima hari mulai dari 10 hingga 14 April 2023 mendatang.

 

Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut, Balkot Ramadhan Fest 2023 tersebut digelar atas kerjasama antara Pemkot Bogor, Kementerian Perdagangan dan Badan Pangan Nasional.

 

Ia menjelaskan, Balkot Ramadhan Fest 2023 itu digelar untuk pengendalian inflasi dan penguatan ketahanan pangan dalam mendorong produk-produk dalam negeri dan UMKM.

 

Dalam ajang tersebut juga memberikan pelayanan kepada publik seperti kesehatan, perpanjangan SIM dan lain sebagainya dengan menghadirkan sejumlah gerai layanan.

 

"Kita akan adakan ini selama satu minggu terbuka untuk warga semua. Kami berterima kasih atas dukungan dari Kementerian Perdagangan dan Badan Pangan Nasional sehingga ada stok minyak, beras, sayur dan buah buahan. Mudah-mudahan bisa menekan inflasi disini," ujar Bima Arya kepada wartawan disela-sela kegiatan tersebut pada Senin, 10 April 2023.

 

Ditempat yang sama, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan dari Badan Pangan Nasional I Gusti Ketut Astawa memaparkan, bahwa harga kebutuhan pokok di Balkot Ramadhan Fest ini mengikuti harga acuan tertinggi yang syaratkan oleh pemerintah.

 

"Seperti harga minyak goreng Rp14 ribu khusus untuk merk minyakita, beras Rp9500 dan harga baru sekitar Rp10 ribu," sebutnya.

 

Pihaknya menekankan, kegiatan Balkot Ramadhan Fest itu memberi kesempatan warga untuk mendapatkan harga yang terjangkau.

 

"Saya kira ini bagus sekali untuk kepentingan warga," cetusnya.

 

Ia berjanji, terkait keberadaan minyak goreng kemasan khususnya brand minyakita, pihaknya akan memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Bogor dalam Balkot Ramadhan Fest ini.

 

"(Minyakita) disiapkan untuk 5 hari, artinya untuk masyarakat Kota Bogor saya kira terpenuhi terus, karena memang ini kolaborasi dengan Kementrian Perdagangan. Di bazzar ini saya kira kebutihan untuk masyarakat kota Bogor sangat cukup," tukasnya.

Sumber: