Gaungkan Ziarah Kebangsaan, Cara PKS Kota Bogor Menysukuri Kemerdekaan Bangsa

Gaungkan Ziarah Kebangsaan, Cara PKS Kota Bogor Menysukuri Kemerdekaan Bangsa

Ketua DPD PKS Kota Bogor Atang Trisnanto bersama para kader PKS Kota Bogor saat melaksanakan ziarah kebangsaan ke sejumlah makam sesepuh Bogor. -(Foto: Yudha Prananda/Istimewa)-

Bendahara Umum PKS Kota Bogor Adityawarman Adil menegaskan, kegiatan itu dilaksanakan dengan harapan untuk bisa menjalankan pesan dan nasihat para ulama.

“Disana kami mendengar semua masukan, nasihat, saran serta harapan para ulama di kota Bogor kepada PKS. Apa yang menjadi kegelisahan ulama, beban-beban umat yang menjadi perhatian ulama, serta apa yang harus PKS perjuangkan di Kota Bogor ini agar semakin berkah dan maju masyarakatnya,” paparnya.

Sebelumnya, sambung dia, Ketua Majelis Syura PKS, Habib Salim Segaf al-Jufri baru-baru ini juga berziarah ke pemakaman Ma’la, sekitar 10 kilometer pusat kota Mekah. 

Sekadar informasi, ada beberapa ulama Indonesia yang dimakamkan di Jannatul Ma'la antara lain adalah Syaikh Ahmad Khatib Sambasi (wafat 1875), Syaikh Nawawi Bantani (1897), Syaikh Junaid Betawi (akhir abad 19 M), Syaikh Abdul Haq Banten (1903) dan Syaikh Ahmad Khatib Minangkabau (1916).

Kemudian, Syaikh Abdul Hamid Kudus (1916), Syaikh Mahfuzh Tremas (1920), Syaikh Mukhtarudin Bogor (1930), Syaikh Umar Sumbawa (1930-an), dan Syaikh Abdul Qadir Mandailing (1956), serta Ulama kontemporer yang belum terlalu lama wafat di kota Mekah adalah Syaikh Yasin Padang (1990) dan KH Maimoen Zubair (2019).*** (YUD)

Sumber: Jabar Ekspres