Jabar Kejar Target 95 Persen Imunisasi Tambahan Campak-Rubela

Jabar Kejar Target 95 Persen Imunisasi Tambahan Campak-Rubela

Jabar Kejar Target 95 Persen Imunisasi Tambahan Campak-Rubela-(Foto: Ist.)-

BANDUNG - Jawa Barat mengejar target cakupan imunisasi tambahan Campak dan Rubella 95 persen, hingga 13 September 2022. Yang menjadi batas akhir kampanye Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahap 2.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Nina Susana Dewi menuturkan, selain 95 persen imunisasi tambahan untuk Campak-Rubela. Dirinya pun berkomitmen capai target delapan puluh persen imunisasi kejar.

Komitmen itu disampaikan dalam pertemuan review paruh waktu BIAN tahap II kerja sama Kemenkes, WHO dan UNICEF di Kota Bandung, Rabu, 31 Agustus 2022, kemarin.

"Kami bekomitmen untuk mencapai target 95 persen imunisasi tambahan untuk Campak-Rubela dan 80 persen imunisasi kejar," kata Kadinkes Jabar, Nina Susana Dewi.

Dia menjelaskan, untuk pencapaian target tersebut, tenaga kesehatan di kabupaten/kota dan puskesmas berkolaborasi dengan PKK dan para kader kesehatan di tingkat hingga RT/RW.

Nina juga mengatakan, terkait percepatan peningkatan cakupan, Dinkes Jabar tengah melakukan monitoring evaluasi secara langsung bersama ketua TP PKK dan lintas sektor lain.

Sehingga dapat membuat strategi selanjutnya. Salah satunya: memanfaatkan seluruh potensi fasilitas kesehatan dan penambahan pos pelayanan.

Menurut Nina, strategi pelaksanaan BIAN di Jawa Barat dilakukan melalui penguatan pokja BIAN dan kolaborasi pentahelix bersama lintas program dan lintas sektor di Jawa Barat.

Salah satunya: melalui sosialisasi dan diseminasi informasi BIAN melalui berbagai platform dan kanal media, seperti media sosial pimpinan stakeholder, media nasional dan lokal daerah, media sosial publik, dan talkshow offline dengan pers media.

"Untuk mempersiapkan generasi yang kuat, sehat dan juara. Sekali lagi, terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah berupaya menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional. Semoga upaya ini senantiasa menjadi berkah bagi masa depan Indonesia yang lebih baik,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu penghambat jalannya BIAN adalah masyarakat yang kurang aware terhadap imunisasi pada anak dikarenakan pandemi.

Berdasarkan data yang dipaparkan UNICEF Indonesia, terjadi penurunan cakupan imunisasi yang signifikan sejak pandemi Covid-19.

Ada sekitar satu juta bayi yang tidak atau belum mendapatkan imunisasi lengkap selama setahun dalam rentang waktu 2019 hingga 2021 di Indonesia.

Sedangkan Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Jabar Ryan Bayusantika Ristandi, ada beberapa kendala di masyarakat pada imunisasi Campak Rubella.

Sumber: Jabar Ekspres