Tahun Ajaran Baru Dimulai, Ini Rute Bus Sekolah Gratis di Kota Bandung

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Ini Rute Bus Sekolah Gratis di Kota Bandung

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Ini Rute Bus Sekolah Gratis di Kota Bandung -(Foto: Deni Armansyah/Jabar Ekspres)-

Radarjabar.disway.id, BANDUNG - Tahun ajaran pendidikan 2022/2023 di Kota Bandung sudah dimulai sejak hari ini, Senin (7/18). Diawali dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), para siswa-siswi mulai kembali beraktivitas mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Saran pendukung siswa-siswi mulai kembali beroperasi.

Program Pemerintah Kota Bandung yaitu bus sekolah turut diberlakukan.

Koordinator Lapangan Bus Sekolah Gratis pada UPT Angkutan Dishub Kota Bandung, Bagus Sugi Pratama menjelaskan bus sekolah gratis yang tersedia di 4 koridor dan terbagi kedalam 2 shift sudah mulai beroperasi mulai hari ini.

"Yang tadi beroperasi itu baru empat, kalau untuk pelajarnya, sih, udah ada yang naik bus sekolah tadi juga yang terakhir rit keduanya udah jalan," ujar Bagus saat dihubungi, Senin, (18/7).

Bagus menambahkan, di hari pertama pengoperasian bus sekolah gratis hingga siang ini tercatat baru sekitar 40 persen digunakan penumpang yang terdiri dari siswa-siswi pelajar.

"Kalau untuk penumpang memang ramai, apa lagi yang di jalur Soekarno-Hatta itu pasti ramai. Koridor 3 dan 4 saat ini yang paling ramai penumpangnya," tuturnya.

Bagi siswa-siswi pelajar yang ingin menggunakan layanan tersebut, berikut rute lengkap yang dilalui bus sekolah gratis di empat koridor yang beroperasi.

Adapun untuk 4 koridor yang dilayani antara lain:

  • Koridor 1 rute mulai dari Antapani – Ledeng;
  • Koridor 2 dari Leuwipanjang – Dago;
  • Koridor 3 dari Cibiru - Alun alun; dan
  • Koridor 4 dari Cibiru - Cibeureum.

Berikut rute dan jadwal lengkap bus sekolah gratis di Kota Bandung :

Bus sekolah dengan kode BS01 melalui rute Antapani - Ledeng. Untuk ke arah Antapani, bus sekolah akan melewati Terminal Ledeng - Jalan Dr. Setiabudi - Cihampelas - Wastukancana - RE. Martadinata - Perintis Kemerdekaan - Ahmad Yani - Ibrahim Adjie - Terusan Jakarta - dan berakhir di Terminal Antapani.

Sedangkan ke arah Ledeng, bus ini akan berangkat dari Terminal Antapani - Jalan Terusan Jakarta - Jakarta - Supratman - Riau - Wastukancana - Cihampelas - Setiabudi - berakhir di Terminal Ledeng.

Lalu, bus BS02 akan melewati rute Dago - Leuwipanjang. Untuk arah ke Leuwipanjang dimulai dari Unpad Dipatiukur - Jalan Ir. H. Juanda - Merdeka - Tamblong - Lembong - Lengkong Kecil - Lengkong Besar - Otto Iskandardinata - Peta -Leuwipanjang.

Sedangkan bus yang mengarah ke Dago akan dimulai dari Terminal Leuwipanjang - Jalan Kopo - Peta - Moh. Ramdan -Karapitan - Sunda - Sumbawa - Belitung - Aceh - Seram -Hasanudin - Unpad Dipatiukur

Kemudian, bus sekolah BS03 akan beroperasi untuk koridor rute Cibiru - Alun-alun. Dimulai dari Bunderan Cibiru - Jalan Soekarno Hatta - Buahbatu - Gurame - Asia Afrika - Alun-alun Bandung.

Sumber: Jabar Ekspres