Penerapan Aplikasi MyPertamina, Pengamat: Harus Dipersiapkan Tim Pendukung

Penerapan Aplikasi MyPertamina, Pengamat: Harus Dipersiapkan Tim Pendukung

Penerapan Aplikasi Mypertamina, Pengamat: Harus Dipersiapkan Tim Pendukung-(Foto: Deni Armansyah/Jabar Ekspres)-

Ia berharap, Pertamina menjaga keamanan data penduduk dengan ketat. Karena Pertamina akan secara gratis memperoleh data warga Indonesia.

“Di sisi itu yang juga ada keuntungan dari aplikasi itu, harus diperhatikan sisi security-nya. Bagaimana dari data itu memang hanya digunakan oleh MyPertamina untuk transaksi. Kita enggak tahu  kalau sudah big data gitu rentan diperjualbelikan ke pihak ketiga,” kata Kurniawan.

Saat ditanya tentang penekanan subsidi energi melalui aplikasi ini, Kurniawan menuturkan mayoritas masyarakat mungkin akan memilih mengunduh aplikasi dibandingkan harga BBM subsidi dinaikkan.

“Perusahaan yang baik akan selalu mencari efisiensi. Salah satu penggunaan teknologi terkini itu untuk efisiensi dalam jangka Panjang. Pilihan apakah dinaikkan atau tidak, saya kira  masyarakat akan lebih memilih tidak dinaikkan tapi harus menggunakan aplikasi disbanding harga dinaikkan,”

“Tapi kalau masalah kenaikan harga pertalite seperti halnya juga BBM non-subsidi lain kita sudah pernah mengalami adaptasi bebrapa tahun lalu, Ketika subsidi dicabut kita sempat rame. Kalau sekarang kan harga barang di masyarakat tidak lagi ditentukan oleh harga BBM secara langsung. kalau dulu BBM naik sedikit, semua inflasi. Sekarang kan banyak item yang membuat inflasi tidak sepenuhnya dari BBM,” tandasnya.*** (JE)

Sumber: Jabar Ekspres