RADAR JABAR - Pada hari ke-8 masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 (Daop 2) telah melayani 137.523 pelanggan kereta api (KA) yang menuju berbagai tujuan dari tanggal 19 hingga 26 Desember 2024.
Puncak keberangkatan terjadi pada 22 Desember 2024, dengan total pelanggan mencapai 20.004 orang dalam satu hari.
Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung, Dicky Eka Priandana, mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang ada, tujuan utama pelanggan dari wilayah Daop 2 Bandung adalah Gambir, Yogyakarta, Pasar Senen, Kutoarjo, Lempuyangan, Surabaya Gubeng, Bekasi, Solo Balapan, Jatinegara, dan Kroya, serta kota-kota lain di Pulau Jawa.
Dicky juga menyatakan bahwa Stasiun Bandung, Kiaracondong, dan Tasikmalaya menjadi stasiun yang paling banyak melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang, dengan total 76.215 pelanggan.
"Tingginya angka pelanggan ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api sebagai moda transportasi andalan, khususnya di momen libur panjang seperti Nataru," jelas Dicky.
"Sebagai wujud komitmen KAI dalam memberikan pelayanan terbaik, Daop 2 telah menyiapkan berbagai langkah strategis, seperti penambahan perjalanan kereta api, optimalisasi sarana dan prasarana, penyiagaan petugas ekstra selama Nataru, serta peningkatan pelayanan di stasiun dan selama perjalanan. Semua ini dilakukan untuk memastikan pelanggan menikmati perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu," ujar Dicky.
BACA JUGA:KAI Siapkan 1.4415 Perjalanan dan Jamin Penumpang Mendapatkan Tiket Perjalanan Selama Libur Nataru
BACA JUGA:PT KAI Jamin Ketersediaan Tiket Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2025
Untuk mengatasi lonjakan penumpang, Daop 2 telah menambah perjalanan kereta pada beberapa rute favorit, antara lain relasi Bandung-Solobalapan dengan 4 perjalanan PP, Bandung-Gambir dengan 2 perjalanan PP, Kiaracondong-Surabaya Gubeng dengan 2 perjalanan PP, dan Kiaracondong-Kutoarjo dengan 2 perjalanan PP.
Terkait dengan keselamatan perjalanan kereta api selama masa Angkutan Nataru 2024/2025, PT KAI Daop 2 telah menyiagakan 136 petugas ekstra yang akan menjaga Daerah Pantauan Khusus, perlintasan rawan, serta memeriksa jalur rel sepanjang 24 jam.
Langkah ini diambil untuk memastikan keselamatan operasional perjalanan kereta api dan mengantisipasi potensi gangguan dari faktor eksternal, seperti cuaca ekstrem dan kondisi alam lainnya.
KAI mengimbau pelanggan yang ingin memesan tiket atau membutuhkan informasi lebih lanjut untuk memanfaatkan layanan pelanggan PT KAI. Pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp di 08111-2111-121, email di cs@kai.id, atau melalui media sosial KAI121.
Dicky juga mengingatkan pelanggan untuk tiba di stasiun minimal satu jam sebelum keberangkatan dan memastikan tiket serta dokumen perjalanan lainnya sudah siap. Selain itu, pelanggan disarankan untuk menggunakan aplikasi Access by KAI untuk mempermudah memperoleh informasi mengenai jadwal, tiket, dan fasilitas lainnya.
Dengan komitmen yang tinggi, Daop 2 siap melayani pelanggan dan memastikan kelancaran perjalanan kereta api selama liburan Natal dan Tahun Baru dengan aman dan selamat.