Review Spesifikasi Realme 13+ Sebagai Smartphone Gaming Resmi Turnamen Honor of Kings

Minggu 20-10-2024,05:29 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Di bagian samping, tidak ada komponen lain, sedangkan di bagian atas terdapat jack audio 3,5 mm, speaker, dan mikrofon. Di bawahnya juga terdapat mikrofon, dan saya lupa menyebutkan sebelumnya bahwa ada SIM ejector di sampingnya. Selain itu, terdapat tombol volume naik dan turun serta tombol power.

Sekarang kita akan sedikit membahas bagian belakang. Jika dilihat sekilas, warnanya tampak seperti hitam atau hitam keabu-abuan, tetapi saat terkena cahaya, akan muncul sedikit warna ungu. Yang paling penting, desain back cover-nya matte, sehingga tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Jika diperhatikan lebih detail, terdapat dua tone yang berbeda di bagian bawah dengan tekstur, sedangkan bagian atasnya lebih polos. Di sini juga terdapat tempat untuk kamera. Kamera utama memiliki resolusi 50 megapiksel menggunakan sensor Sony IMX 600 dengan ukuran sensor 1/1,95 inci dan aperture f/1.8.

BACA JUGA:5 Hp 1-2 Jutaan Rupiah Terbaru Akhir Tahun 2024, Realme Note 60 Cocok untuk Aktivitas Harian

BACA JUGA:Bocoran Spesifikasi Realme P2 Pro 5G: Punya Kecepatan Fast Charging 80W dan Kamera OIS

Kamera ini sudah dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan terdapat juga kamera makro 2 megapiksel. Di sebelah sini, Anda akan menemukan LED flash untuk kamera.

Layar

Mari kita bahas mengenai layar, kamera depan, performa, dan chipset dari smartphone ini. Saat dinyalakan, tampilan antarmuka (UI) kurang lebih seperti ini. Jika kita perhatikan, layar smartphone ini terlihat sangat baik dengan bezel yang cukup tipis di sisi kanan, kiri, dan atas. Meskipun bagian bawahnya sedikit lebih tebal, kami merasa kualitas layar ini sudah memuaskan.

Untuk Realme 13+, smartphone ini memiliki bentang layar yang cukup luas, yaitu 6,67 inci, dengan panel E4 AMOLED yang membuat tampilan layar sangat jernih. Resolusinya adalah Full HD+ 2400 x 1080 piksel, dengan refresh rate mencapai 120 Hz dan touch sampling rate di angka 180 Hz hingga 1200 Hz. Smartphone ini juga memiliki saturasi warna 100% DCI-P3 dan mendukung Pro HDR.

Dapur Pacu

Sekarang kita akan masuk ke bagian pengaturan untuk mengecek sedikit spesifikasinya. Seperti yang dapat Anda lihat, Realme UI pada perangkat ini sudah versi 5.0. RAM-nya, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, berkapasitas 12 GB dan dapat ditingkatkan hingga total 26 GB dengan menambahkan RAM virtual sebesar 14 GB. Untuk penyimpanan internal, tersedia 256 GB.

Chipset yang digunakan adalah Dimensity 7300E 5G, dan baterainya memiliki kapasitas 5000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 80 watt. Menariknya, Realme mengklaim bahwa dengan pengisian daya sebesar 5%, Anda dapat memainkan game selama kurang lebih satu jam. Selain itu, perangkat ini juga dapat mencapai 120 FPS untuk game tertentu, sedangkan game lainnya dapat berjalan stabil di 90 FPS.

Mari kita cek pengaturannya. Saya akan masuk ke pengaturan dan kemudian ke opsi grafis. Di sini, Anda bisa mengatur FPS ke mode maksimum, tetapi perlu diingat bahwa konsumsi daya akan lebih boros jika menggunakan pengaturan FPS maksimal.

Kamera

Di bagian atas, terdapat kamera selfie dengan desain punch hole berbentuk bulat di tengah. Kamera ini memiliki resolusi 16 megapiksel dengan aperture f/2.4. Nanti, saya akan menunjukkan kepada kalian beberapa menu kamera Realme 13+ ini.

BACA JUGA:Masuk Indonesia, Ini 5 Kelebihan realme C61 Hp 1 Jutaan Rupiah yang Canggih dan Berdurabiilitas Tinggi

BACA JUGA:Performa Tangguh! Realme GT7 Pro Bakal Meluncur dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 4 dan Kamera 120x Zoom

Resolusinya juga dapat disetting ke mode Ultra untuk performa yang lebih optimal. Jika Anda ingin lebih mantap lagi, gunakan mode GT yang juga mendukung 120 FPS. Seperti yang terlihat, klaim dari Realme terbukti benar, karena perangkat ini memang dapat mencapai 120 FPS.

Pertama, di pojok kiri terdapat mode modern night yang dapat Anda gunakan, serta opsi zoom dua kali. Ada juga mode Street yang menjadi andalan Realme, dengan beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan, seperti pengaturan EV dan zoom.

Kategori :