Bandung Inspiring Music, Wajah Baru yang Melahirkan Musisi Berwawasan Literasi

Sabtu 28-09-2024,11:22 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - (BRAGA) Workshop bertema Bandung Inspiring Music berhasil menarik perhatian warga Kota Bandung pada Jumat, 27 September 2024. Peserta yang hadir berasal dari berbagai kalangan, baik yang tua maupun yang muda, memenuhi kursi-kursi yang disediakan di D'Majestic, Braga.

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bandung ini mengundang musisi-musisi terkenal, seperti Dany Java Jive dan Ferry Curtis, dua musisi yang sudah lama berkecimpung di dunia musik Indonesia.

Turut dihadirkan pula musisi-musisi muda. Yakni, grup band Crossroads, duo Estauri, Sarah Saputri dan Nissan Fortz. Tak hanya menyampaikan pengalaman dan perjuangan dalam bermusik, para musisi muda itu juga unjuk kebolehan mengolah vokal maupun bermusik.

Tak ayal, suasana workshop begitu mencair. Dialog antara pengisi acara dan peserta pun terjalin dengan apik. Menariknya, peserta yang beruntung mendapatkan hadiah yang berikan langsung oleh narasumber.

BACA JUGA:Persib Siap Fasilitasi Tindakan Hukum Terkait Dugaan Pelecehan oleh Oknum Steward

BACA JUGA:Mafindo Soloraya Minta Masyarakat Waspada, Hoaks Saat Pilpres Bisa Berlanjut ke Pilkada

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Arief Syaifudin mengatakan, regenerasi musisi di Kota Bandung sangat banyak. Sehingga, kegiatan tersebut, diharapkan memberikan informasi tentang bermusik kepada para pemula. Terlebih, peserta yang hadir didominasi kalangan gen Z.

"Kita menghadirkan narasumber musisi hebat dari masa ke masa. Sehingga peserta yang hadir bisa melihat, bagaimana menjadi seorang musisi yang profesional. Artinya bahwa bermusik perlu semangat meningkatkan kualitas," ujar Kadis.

Sementara itu, Ferry Curtis, yang dikenal sebagai musisi balada, berharap workshop Bandung Inspiring Music, memberikan warna dan inspirasi bagi para pemula. Sehingga, bagi yang baru dalam bermusik, bisa memahami tahap demi tahap dalam bermusik. 

"Jadi bermusik tidak hanya membayangkan asyiknya saja, tapi bagaimana para pemula ini, mengetahui tahapan belajarnya, mengelolanya. Kenapa karya ini diciptakan. Bagaimana prosesnya. Apa ide yang disampaikan kepada publik," beber Ferry.

Bagi Ferry, menjadi musisi harus mempertanggungjawabkan karyanya. Begitu juga terhadap dampak masyarakatnya. "Untuk itu, kita juga harus mulai mengkurasi diri, bahwa oh karya ini bagus juga untuk publik. Oh ini, kira-kira baik untuk publik," jelas Ferry.

BACA JUGA:Polresta Bandung Tegas: Tidak Ada Toleransi bagi Suporter yang Terlibat Kerusuhan

BACA JUGA:BPBD Bandung: 9.229 Korban Gempa Masih Bertahan Di Pengungsian

Pegiat literasi nasional ini pun berharap, anak muda yang akan bergelut di bidang musik, jadilah musisi yang literat. "Artinya, ketika dia berkarya, dipikirkan betul cara menulis liriknya, memahami budayanya, memahami sastranya, memahami akar apa yang kita sampaikan," beber lelaki yang dikenal di kalangan pegiat literasi melalui karya lagu "Mari Membaca" tersebut.

Ferry pun membagikan tips untuk menjadi musisi yang literat. Pertama, suka membaca. "Karena dengan baca kita bisa tahu apa yang kita tidak tahu, itu jelas," ujarnya.

Kategori :