Jangan Terlalu Sering Menonton Konten Self Development, Pahami Dulu Teori Ini

Minggu 22-09-2024,21:04 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Pertanyaan saya, apakah mereka yang memiliki otak kreatif seperti ini harus mengikuti semua saran dalam buku atau konten self development yang mengharuskan mereka menjadi terstruktur, rapi, membuat jurnal, dan sebagainya?

Bagaimana menurut kalian? Jika kalian ingin sukses, kuncinya bukan pada self development, melainkan pada self-awareness. Setelah itu, kalian bisa mengembangkan keterampilan dan jaringan (networking) kalian.

Sebuah meta-analysis yang diterbitkan dalam Bulletin Psychology tahun 2016 menunjukkan bahwa self-awareness secara langsung berkaitan dengan kesuksesan finansial seseorang. Orang yang memiliki self-awareness tinggi cenderung mencapai pencapaian yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang self-awareness-nya rendah, serta memiliki kontrol emosi yang jauh lebih baik.

BACA JUGA:Tanggapan Istana Soal Video Viral Paspampres Pukul Pemuda yang Selfie Bareng Jokowi

BACA JUGA:7 Rekomendasi HP dengan Kamera Depan Bagus, Pilihan untuk Selfie yang Jernih!

Jika kalian benar-benar mengenal diri sendiri, atau yang saya sebut self-aware, kalian seharusnya bisa memahami hal-hal yang spesifik dan sesuai dengan diri kalian. Apa yang kalian inginkan? Seberapa kaya kalian ingin menjadi? Seperti apa hidup yang kalian impikan?

Apa kelebihan dan kekurangan kalian? Apa yang kalian sukai dan tidak sukai? Apa talenta kalian? Jika kalian sudah mengetahui siapa diri kalian, kalian bisa membuat tujuan yang realistis serta menyusun rencana dengan langkah-langkah (checkpoints) untuk mencapai tujuan tersebut, berdasarkan versi kalian sendiri, bukan meniru orang lain.

Setelah kalian memahami self-awareness dan tahu ke mana kalian ingin melangkah, kalian bisa membuat rencana yang lebih terarah. Misalnya, kalian akan menyadari apa saja kekurangan yang harus diperbaiki untuk mencapai tujuan kalian.

Di sinilah self development masuk—perbaiki kelemahan yang memang menghambat pencapaian tujuan. Tidak perlu memperbaiki semua kelemahan, cukup yang penting saja. Fokuslah untuk meningkatkan kekuatan kalian, daripada terus-menerus mencoba menutupi kelemahan.

Ingat, jangan ikuti 100% saran dari video ini, karena apa yang cocok untuk saya belum tentu cocok untuk kalian. Kesuksesan finansial bukanlah soal mencari jawaban pasti seperti "berapa hasil dari 5 + 5?", yang tentu jawabannya adalah 10.

Rumus kesuksesan finansial kalian adalah open question, di mana jawabannya bisa beragam. Misalnya, untuk mendapatkan angka 10, bisa dengan 5 + 5, 2 + 8, atau 7 + 3. Bukan selalu harus dengan cara yang sama.

Kategori :