9 Tips Cara Merawat Baterai Motor Listrik Supaya Awet, Info Penting bagi Pengguna Baru!

Kamis 08-08-2024,14:12 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

 

Ada perintah untuk hal tersebut, pertama hubungkan pengisi daya ke baterai. Lalu pastikan untuk memastikan sambungannya aman, dan kamu bisa mencolokannya ke stop kontak listrik.

 

Mengikuti prosedur tersebut memungkinkan baterai serta lingkungan pengisian daya jadi terlindungi.

 

  1. Isi Daya Secara Berkala dan Teratur Setiap Hari atau Dua Hari Sekali

Mengisi daya baterai secara berkala dan teratur setiap hari atau dua hari sekali tetap harus dilakukan walaupun motor listrik Anda jarang digunakan. Dengan melakukan cara nomor tig aini, performa baterai jadi tetap terjaga.

 

BACA JUGA:5 Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Dibanding Motor Bensin

 

  1. Pastikan Menggunakan Pengisi Daya Berkualitas Tinggi

Memakai pengisi daya yang benar sebagai pemberi daya baterai motor listrik sangat penting demi memperpanjang masa gunanya. Mengingat baterai motor listrik tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, pastikan jenis bateraimu supaya bisa menemukan pengisi daya yang tepat.

 

Mayoritas baterai motor listrik berjenis lithium, tapi coba melihat buku manual atau periksa bagian sisi baterai untuk memastikan jenis baterai milik Anda. Pastikan pengisi daya yang digunakan kompatibel dengan baterainya.

 

Disarankan pula menggunakan pengisi daya khusus dan original tergantung merek baterai dari motor listrikmu.

 

  1. Jangan Mengisi Daya Jika Temperatur Baterai Panas

Hindarilah untuk mengisi daya ketika temperature baterai panas karena kondisi panas berlebih bakal merusak komponen di dalam baterai. Disaranakn untuk menunggu sejenak sampai kondisi temperaturnya turun dan tak lagi panas, baru bisa mengisi ulang daya.

Kategori :