9 Tips Cara Merawat Baterai Motor Listrik Supaya Awet, Info Penting bagi Pengguna Baru!

Kamis 08-08-2024,14:12 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

Radar Jabar Disway – Ada informasi penting bagi pengguna motor listrik khususnya yang tergolong pemula atau baru membelinya. Supaya baterainya awet, sejumlah tips cara merawat baterai motor listrik.

 

Berbeda dengan sepeda motor konvensional yang menggunakan bahan bakar, kinerja sepeda motor listrik ditopang dengan baterai. Tapi motor listrik ternyata seperti smartphone yakni baterainya harus diisi ulang ketika habis untuk bisa kembali dikendarai.

 

Selain itu tentu saja perawatan baterai harus pengendara lakukan dengan baik supaya tahan lama alias awet. Dengan merawat baterai motor listrik maka dapat menjaga performa tunggangan tersebut selalu baik selama dikendarai sehari-hari.

 

Nah untuk itu, kami akan memberikan sejumlah tips cara merawat baterai motor listrik agar awet sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

 

BACA JUGA:7 Motor Listrik Paling Laris Tahun 2024 di Indonesia, Lengkap dengan Harganya!

 

  1. Jangan Mengisi Daya Saat Kondisi Baterai di Bawah 20%

Mengisi daya baterai saat kondisi di bawah 20% bukan hanya merusak komponen, melainkan pula merusak performa baterainya. Disarankan untuk mengisi ulang daya baterai pada kondisi 25%-80% yang akan merawat kinerja baterainya tetap prima.

 

Jangan pula menunggu untuk mengecas sampai baterai habis sebelum mengisi ulang sebab akan memperpendek waktu pakai baterai sepeda motor listrik.

 

  1. Mengisi Daya dengan Benar

Mengisi daya secara benar merupakan salah satu cara paling ampuh dalam perawatan baterai motor listrik. Mengingat mayoritas motor listrik tak butuh stasiun khusus buat mengisi ulang baterai, kalian cukup sambungkan ke port pengisian daya bercatu daya yang memadai.

Kategori :