9 Tips Cara Merawat Baterai Motor Listrik Supaya Awet, Info Penting bagi Pengguna Baru!

Kamis 08-08-2024,14:12 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

 

  1. Jaga Baterai pada Suhu yang Tepat

Strategi yang sangat efektif untuk memperpanjang kesehatan baterai ialah dengan menjaganya pada suhu yang tepat. Energi baterai pada motor listrik akan lebih cepat habis seiring dengan semakin dingin cuaca, yang berpotensi memperpendek usia baterainya.

 

Jangan pula disimpan pada suhu tinggi karena akan membuat baterai rusak. Maka dari itu, disarankan untuk menyimpan baterai di lingkung bersuhu maksimal 35 derajat celcius.

 

BACA JUGA:5 Motor Listrik dengan Desain Elegan: Perpaduan Gaya dan Ramah Lingkungan!

 

  1. Simpan Baterai dengan Benar

Simpan baterai dengan benar saat sepeda motor listrik tidak digunakan supaya baterainya tidak rusak. Tipsnya adalah menjaga baterai tetap terisi sampai minimal 50%, lalu pastikan keluarkan baterainya dari motor atau mencabut terminalnya.

 

Tetap juga ada di tempat lebih tinggi bukan di lantai kosong ketika kamu mengeluarkan baterai dari motor. Periksa juga baterai listrik secara rutin jika digunakan dalam waktu lama mengingat baterai cenderung bisa habis walau tak dipakai.

 

Kalau berencana menyimpan baterai lebih lama maka isi baterainya dari waktu ke waktu.

 

  1. Isi Ulang Baterai Harus Tunggu Motor Sudah Agak Dingin

Ketika baru mematikan motor listrik, tunggu kondisi motornya mendingin setidaknya 30 menit untuk mengisi ulang baterai. Jangan langsung mengecas saat motor baru saja berhenti.

 

  1. Jangan Membebani Baterai Secara Berlebihan

Membawa banyak beban sampai terlalu sering menjajal medan yang terlalu menantang tidak baik bagi baterai motor listrikmu. Membebani secara berlebihan bisa mengurangi masa guna baterai secara signifikan.

Kategori :