10 Negara Penduduk Muslim Terbanyak di Eropa Pada 2024

Kamis 11-07-2024,13:44 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Saat ini, perkembangan Islam di Eropa sangat pesat dengan jumlah umat Muslim mencapai 42,7 juta orang.

Di Eropa, meskipun mayoritas penduduknya menganut agama Kristen dan Katolik, beberapa negara memiliki jumlah populasi Muslim yang signifikan.

Menurut World Atlas, meskipun umat Muslim umumnya merupakan minoritas di sebagian besar negara Eropa, mereka menyumbang sekitar 5 persen dari total populasi benua ini.

Pew Research Center bahkan memproyeksikan bahwa jumlah populasi Muslim di Eropa akan mengalami peningkatan dalam beberapa dekade mendatang.

10 Negara Muslim Terbanyak di Eropa

Berikut adalah 10 negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak di Eropa pada tahun 2024 yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Rusia

Islam telah menjadi agama terbesar kedua di Rusia setelah Kristen Ortodoks, dengan perkiraan jumlah Muslim yang menetap mencapai 25 hingga 30 juta dari total penduduk 145 juta. Di Rusia, terdapat 182 etnis, di mana 57 etnis di antaranya memeluk Islam.

BACA JUGA:10 Negara dengan Perokok Terbanyak di Dunia Pada 2024

Islam di Rusia menunjukkan perkembangan yang signifikan, dengan umat Muslim mulai memainkan peran penting di berbagai bidang. Organisasi keagamaan di Rusia cukup aktif dengan lebih dari 7.000 masjid.

Islam pertama kali masuk ke Rusia pada awal Hijriah, yang dipelopori oleh panglima Ahmad bin Fadlan, utusan dari Daulah Abbasiyah. Hingga saat ini, Islam terus berkembang di negara yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin.

2. Prancis

Kebangkitan Islam di Prancis saat ini mencatat total penduduk Muslim sekitar 6,7 juta orang, setara dengan 10% dari total populasi 60 juta. Ekspansi dakwah Islam telah dimulai sejak kekuasaan Dinasti Umayah pada abad kedelapan, yang dipimpin oleh Panglima Abdurahman Al-Ghafiqi melewati Pegunungan Pyrenees.

Namun, tantangan menjadi Muslim di Prancis sering kali dihadapi dengan islamofobia. Tantangan ini tidak lepas dari konflik internal dan bias terhadap Islam di kalangan penduduknya.

Menurut jurnal Comparative Study of Religions, islamofobia di Prancis sering kali muncul karena Islam disalahkan atas resesi ekonomi di negara itu dan stigmatisasi terkait terorisme pasca peristiwa 11 September 2001 di Amerika Serikat.

3. Jerman

Islam telah hadir di Jerman sejak abad yang lalu, dengan jumlah Muslim mencapai 4,4 hingga 5 juta orang, atau sekitar 5,7% dari total populasi negara tersebut. Hal ini menjadikan Jerman sebagai negara ketiga dengan jumlah Muslim terbanyak di benua Eropa, setelah Rusia dan Prancis.

Islam masuk ke Jerman pada masa Khalifah Harun al-Rashid pada abad ke-8 untuk menyebarkan Islam. Khalifah Harun al-Rashid juga dikenal sebagai tokoh yang membawa kemajuan bagi Dinasti Abbasiyah dalam bidang ilmu pengetahuan dan peradaban.

BACA JUGA:8 Negara Tanpa Malam Hari dengan Pemandangan Menakjubkan

Kategori :