8 Negara Tanpa Malam Hari dengan Pemandangan Menakjubkan

8 Negara Tanpa Malam Hari dengan Pemandangan Menakjubkan

Negara Tanpa Malam Hari -Greendland/Ilustrasi/Pixabay-

RADAR JABAR - Jika Indonesia memiliki siang hari selama 12 jam dan malam hari selama 12 jam, di belahan bumi lain ternyata ada negara tanpa malam hari sama sekali.

Fenomena tersebut disebut juga sebagai Midnight Sun, di mana matahari tak pernah tenggelam akibat kemiringan bumi dalam sumbu rotasinya, sehingga matahari tetap berada di atas horizon selama beberapa waktu.

Karena itu, masayrakat di sederet negara ini mempunyai gaya hidup yang sangat berbeda dari negara yang mempunyai waktu siang dan malam yang teratur.

8 Negara Tanpa Malam Hari

Berikut ini adalah beberapa negara yang tidak mengalami malam sama sekali untuk periode yang cukup panjang setiap tahunnya.

1. Norwegia

Norwegia terletak di lingkaran Arktik di mana matahari tidak pernah terbenam selama sekitar 76 hari antara bulan Mei hingga Juli. Hammerfest adalah salah satu kota paling utara di Eropa dan salah satu kota tertua di Norwegia Utara dengan populasi sekitar 8.000 orang.

Kota ini telah dinyatakan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO karena menjadi bagian dari Busur Geodesis Struve. Matahari terbenam di kota ini pada pukul 12.43 dan terbit kembali dengan selang waktu hanya 40 menit.

BACA JUGA:12 Kota Metropolitan Terbesar di Dunia, Jakarta Masuk Urutan Ini

Sedangkan di kota Svalbard, matahari bersinar terus menerus dari tanggal 10 April hingga 23 Agustus. Svalbard juga merupakan wilayah berpenghuni paling utara di Eropa.

2. Kanada

Kota Nunavut terletak sekitar 2 derajat di atas lingkaran Arktik dengan populasi lebih dari 3.000 orang di wilayah barat laut Kanada. Kota ini mendapat sinar matahari 24 jam setiap hari selama 2 bulan di musim panas.

Sedangkan selama musim dingin, tempat ini mengalami kegelapan total selama sekitar 30 hari berturut-turut. Sementara itu, di kota Yukon, walaupun tertutup salju dalam kurun waktu yang panjang dalam setahun, matahari bersinar terus menerus selama 50 hari selama musim panas di bagian barat laut kota ini.

Yukon juga dikenal sebagai Negeri Matahari Tengah Malam dengan langit yang indah dan cahaya musim panas yang tiada habisnya.

3. Islandia

Sumber: