10 Negara Penduduk Muslim Terbanyak di Eropa Pada 2024

Kamis 11-07-2024,13:44 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Masa kejayaan Islam di Spanyol terjadi saat keturunan Bani Umayyah, Abdurrahman, mendirikan Dinasti Umayyah di Andalusia pada tahun 755 Masehi. Di bawah kepemimpinannya, Islam berkembang pesat dengan pendirian Masjid Cordova, penegakan hukum Islam, inovasi militer, kemajuan ilmu pengetahuan, pembangunan kota, dan kemakmuran ekonomi masyarakat pada saat itu.

Dinasti Abdurrahman juga mendirikan sekolah-sekolah besar dan Universitas Cordova dengan perpustakaan yang kaya akan ratusan ribu buku. Meskipun Islam di Spanyol akhirnya mengalami penurunan dan pengusiran oleh Moriskos pada abad ke-17, peninggalan Islam di Spanyol masih dapat ditemukan hingga saat ini.

10. Belanda

Belanda masuk dalam daftar top negara Eropa dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak, dengan sekitar 1,2 juta Muslim atau sekitar 5,8% dari total populasi penduduk di negara Belanda. Islam di Belanda memiliki sejarah yang menarik karena ada kontribusi penting dari komunitas Muslim Indonesia.

Islam pertama kali masuk ke Belanda melalui migrasi pada pertengahan abad ke-20, di mana kelompok-kelompok kecil pertama yang tiba berasal dari Indonesia dan kemudian menyebarkan Islam di sana. Hingga kini, komunitas Muslim di Belanda terus berkembang dan berkontribusi pada keragaman budaya dan sosial di negara tersebut.

Kategori :