7 Manfaat Melaksanakan Kurban di Hari Raya Idul Adha, Salah Satunya Menyucikan Diri

Rabu 12-06-2024,13:49 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Hadis ini menjelaskan bahwa setiap tetesan darah yang mengalir dan menyentuh bumi adalah saat Allah SWT melunturkan dosa-dosa para beriman, karena Allah sangat menyukai orang-orang yang berkurban.

5. Menyucikan Diri dan Harta Benda

Berkurban juga menjadi kesempatan bagi para beriman untuk menyucikan diri dan harta benda yang telah didapatkan. Dengan berkurban dengan keikhlasan, para beriman akan mendapat keberkahan dan ridho Allah atas segala sesuatu yang didapat.

6. Mencintai Sesama Saudara Muslim

Selain untuk berbagi kepada sesama saudara Muslim, kurban juga bisa memberdayakan usaha ternak lokal. Allah berfirman, "Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syiar Allah. Kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri dan telah terikat. Kemudian apabila telah roboh mati, maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya, yang tidak meminta-minta, dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur," (Quran, Surat Al-Hajj ayat 36).

BACA JUGA:7 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas yang Benar Agar Awet

Islam mengajarkan kita untuk berbagi dan mencintai sesama saudara Muslim. Membagikan daging kurban adalah salah satu cara kita untuk berbagi dan menunjukkan solidaritas.

Pada saat membeli hewan kurban kepada peternak lokal, kita juga membantu perekonomian mereka. Pada hari-hari biasanya, hewan ternak akan sulit terjual, namun dengan adanya Hari Raya Kurban, para peternak lokal terbantu dengan penjualan hewan ternaknya.

7. Hewan Kurban akan Menjadi Saksi di Akhirat

Rasulullah bersabda, "Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari raya kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza wa Jalla dari mengalirkan darah. Sesungguhnya pada hari kiamat, ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah sebelum jatuh ke tanah. Maka perbaguslah jiwa kalian dengannya," (Hadits riwayat Ibnu Majah, nomor 3117).

Dalam riwayat lainnya, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada amal yang lebih utama pada hari-hari tasyrik ini selain berkurban." Para sahabat berkata, "Tidak juga jihad?" Beliau menjawab, "Tidak juga jihad, kecuali seseorang yang keluar dari rumahnya dengan mengorbankan diri dan hartanya di jalan Allah, lalu dia tidak kembali lagi," (HR Bukhari dari Ibnu Abbas).

Allah juga berfirman, "Dan bagi tiap-tiap umat, telah Kami syariatkan penyembelihan kurban supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah diresmikan Allah kepada mereka. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepadanya dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah," (Quran, Surat Al-Hajj ayat 34).

Demikianlah, sahabat beriman, beberapa keutamaan beribadah qurban yang dapat memotivasi seorang Muslim untuk melaksanakannya. Semoga ulasan yang singkat ini bermanfaat untuk kita semua, dan semoga kita sama-sama dirahmati Allah SWT sehingga menjadi ladang pahala untuk bekal kita di akhirat kelak. Aamin Ya Robbal A’lamin.

Kategori :