KPU Kota Cirebon Ungkap Partisipasi Pemilih dalam PSU Mencapai 91 Persen

KPU Kota Cirebon Ungkap Partisipasi Pemilih dalam PSU Mencapai 91 Persen

Sejumlah pemilih saat melakukan pencoblosan di TPS 62 Kelurahan Pegambiran, Kota Cirebon, Jawa Barat, dalam pelaksanaan PSU pada Sabtu (29/6)--ANTARA/Fathnur Rohman

RADAR JABAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, Jawa Barat, mencatat tingkat partisipasi pemilih pada pemungutan suara ulang (PSU) di kota tersebut mencapai 91 persen, dengan 227 dari 249 pemilih terdaftar yang memberikan suara.

“Partisipasi di tempat pemungutan suara (TPS) 62 Kelurahan Pegambiran yang menjadi lokasi PSU untuk pemilihan anggota legislatif (pileg), mencapai 91 persen,” ujar Ketua KPU Kota Cirebon Mardeko di Cirebon, Senin (1/7).

Dia menjelaskan bahwa PSU di TPS tersebut pada Sabtu (29/6) berjalan lancar, dan setiap pemilih dapat menyalurkan hak pilih mereka dengan mencoblos surat suara untuk pileg.

BACA JUGA:Pemkot Bogor Memastikan PPDB Zonasi SMP Berlangsung Lancar

Selain PSU, KPU Kota Cirebon juga telah menyelesaikan tahapan penghitungan ulang surat suara (PUSS) pada Kamis (27/6), yang diawasi ketat oleh Bawaslu setempat serta para saksi dari berbagai partai politik (parpol).

Setelah itu, Mardeko menyampaikan bahwa pihaknya langsung melaksanakan rekapitulasi di tingkat kecamatan untuk menghimpun hasil dari PUSS dan PSU, yang kemudian digabungkan dengan hasil pileg di daerah pemilihan (Dapil) 2 Kota Cirebon.

“Proses rekapitulasi ini sudah selesai pada Minggu (30/6). Tahapan tersebut dilakukan langsung oleh kami, sesuai arahan KPU RI dan putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK),” katanya.

BACA JUGA:Pembangunan Infrastruktur Legok Nangka Dimulai

Menurutnya, hasil rekapitulasi tersebut cukup mempengaruhi perolehan kursi DPRD di Dapil 2 Kota Cirebon, terutama bagi Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Sebelumnya pada Pemilu 2024, Partai Demokrat dan PAN memperoleh jumlah suara yang sama, yaitu 2.718 suara.

Berdasarkan hasil akumulasi dari PSU, PUSS, dan Pemilu 2024, suara Partai Demokrat mengungguli PAN di Dapil 2 Kota Cirebon.

"Di dapil ini ada enam kursi yang diperebutkan, dan kursi terakhir dimenangkan oleh Partai Demokrat dengan 2.812 suara, sementara PAN memperoleh 2.761 suara," katanya.

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN AHY Jadikan Jawa Barat Target Percepatan Kota Lengkap

Menurut Mardeko, secara keseluruhan hasil PSU dan PUSS di Kota Cirebon tidak berdampak signifikan pada perolehan suara partai lain.

Sumber: antara