Kenali 5 Dampak Buruk Kebanyakan Makan Daging Bagi Kesehatan

Kenali 5 Dampak Buruk Kebanyakan Makan Daging Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Kebanyakan Makan Daging Bagi Kesehatan-Ilustrasi/Pixabay-

RADAR JABAR - Hari Raya Idul Adha identik dengan beragam hidangan berbahan dasar daging. Namun perlu kamu ketahui terdapat berbagai dampak kesehatan jika kebanyakan makan daging.

Bagi beberapa orang, momen ini menjadi kesempatan untuk mengonsumsi daging sebanyak mungkin. Daging memang merupakan sumber utama protein hewani yang diperlukan tubuh.

Namun, konsumsi daging berlebihan, terutama daging merah, dapat memicu berbagai gejala dan meningkatkan risiko penyakit tertentu. Apa saja yang bisa terjadi pada tubuh jika terlalu banyak makan daging?

Berikut adalah tanda-tanda yang mungkin muncul setelah mengonsumsi daging secara berlebihan, berdasarkan berbagai sumber.

1. Bau Mulut

Konsumsi berlebihan daging sapi atau jenis daging lainnya tanpa diimbangi dengan karbohidrat dapat menyebabkan bau mulut. Asupan daging yang tinggi membuat tubuh kelebihan protein dan lemak.

BACA JUGA:5 Tips Menyimpan Daging Kurban dan Mengetahui Daging yang Masih Layak

Jika kekurangan karbohidrat, tubuh akan memecah lemak sebagai sumber energi, menghasilkan senyawa keton atau ketosis yang dapat menyebabkan bau napas tidak sedap. Meskipun proses ini bisa membantu menurunkan berat badan, terlalu banyak keton dalam tubuh menyebabkan bau mulut.

2. Keringat Berlebihan

Apakah tubuh berkeringat banyak saat makan daging? Fenomena ini disebut 'meat sweats' dan dapat terjadi saat atau setelah mengonsumsi daging dalam jumlah besar.

Menurut Business Insider, 'meat sweats' terjadi karena tubuh berusaha mencerna makanan yang dikonsumsi, menggunakan energi untuk memprosesnya. Proses ini disebut termogenesis, yang dapat meningkatkan suhu tubuh.

3. Masalah Pencernaan

Konsumsi daging berlebihan tanpa asupan serat yang cukup dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan, seperti kembung, sembelit, dan diare.

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan rendah serat tidak hanya menyebabkan masalah pencernaan tetapi juga memengaruhi pengaturan kadar gula darah.

4. Kantuk dan Kelelahan

Mengonsumsi terlalu banyak daging bisa membuat tubuh merasa lelah. Ini karena tubuh memerlukan banyak energi untuk mencerna protein dari daging yang dikonsumsi. Saat mencerna makanan, lebih banyak darah dialirkan ke usus, mengurangi aliran darah ke organ lain dan menyebabkan rasa lelah.

BACA JUGA:Cara Mengkonsumsi Daging Sapi atau Kambing Agar Tidak Kolesterol

Selain itu, beberapa jenis daging, seperti daging sapi dan kalkun, mengandung triptofan yang tinggi, yang dapat meningkatkan produksi melatonin, hormon yang memicu rasa kantuk dan mengatur siklus tidur.

5. Bau Badan

Sumber: