Pemda KBB Pastikan Jalan Lintas Gununghalu-Cianjur Kembali Bisa Dilalui Setelah Tergerus Habis oleh Longsor

Pemda KBB Pastikan Jalan Lintas Gununghalu-Cianjur Kembali Bisa Dilalui Setelah Tergerus Habis oleh Longsor

Pemda KBB Pastikan Jalan Lintas Gununghalu-Cianjur Kembali --(Sumber Gambar : Jabar Ekspress)

RADAR JABAR -  Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan bahwa jalan lintas penghubung Kecamatan Gununghalu-Cianjur sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

Sebelumnya, jalan sepanjang 100 meter tersebut tergerus habis oleh longsor yang terjadi pada Selasa, 14 Mei 2024, sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.

“Kondisi jalan sudah bisa dilalui, dan alat berat yang diturunkan masih mengerjakan pembabatan tebing agar jalan terbuka lebar,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat, Ade Zakir saat dikonfirmasi, Jumat (24/5/2024).

Meskipun akses sudah bisa dibuka, Ade menambahkan bahwa petugas memberlakukan pengaturan buka-tutup jalur karena upaya perbaikan jalan masih berlangsung beberapa waktu ke depan.

 

BACA JUGA:Pemprov Jawa Barat Tunggu Tanggap KBB Untuk Melakukan Rehabilitasi Akibat Bencana Tanah Longsor Gunung Halu

 

Proses pemadatan oleh alat berat masih dilakukan, dan lereng yang tergerus longsor juga sedang dirapikan serta diberi saluran air yang memadai.

"Akses jalan memang sudah bisa dilalui. Tapi proses pemadatan oleh alat berat masih dilakukan. Selain itu, lereng ini kita landaikan, dan diberi saluran air memadai, sehingga ketika hujan di atas, tidak mengikis. Jalan pun kita padatakan sedemikian rupa agar tahan, karena ini lalu lintas alternatif utama KBB ke Cianjur,” jelas Ade.

Untuk memperkokoh tebing yang tergerus longsor, Pemda akan memasang tembok penahan tanah (TPT) dan melakukan penanaman pohon sebagai upaya mencegah terjadinya kembali pergerakan tanah.

“Harus ditanami kembali biar jadi penahan pergerakan tanah,” imbuhnya.

 

BACA JUGA:Pemkab Bandung Barat Berikan Pemulihan Trauma Kepada Korban Longsor di Cipongkor

 

Sumber: Jabar Ekspres