Berbagai Kegiatan yang Menarik Akan Digelar di Acara Hari Jadi Kabupaten Bandung Ke-383

Berbagai Kegiatan yang Menarik Akan Digelar di Acara Hari Jadi Kabupaten Bandung Ke-383

Rundown HUT Kab.Bandung Ke-383--Sumber gambar: Diskominfo Kabupaten Bandung

RADAR JABAR - Kabupaten Bandung akan berusia 383 tahun, tepat pada 20 April 2024 mendatang. Berbagai agenda kegiatan akan digelar dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-383 tahun tersebut.

Kabupaten Bandung lahir melalui Piagam Sultan Agung Mataram pada 9 Muharam tahun alif yang bertepatan dengan hari Sabtu, 20 april 1641 Masehi. Berdasarkan bukti-bukti sejarah yang ada, kemudian ditetapkanlah Surat Keputusan dengan nomor : SK.10:10/KPTS/DPRD/1973, yang menyatakan bahwa Kabupaten Bandung lahir pada tanggal 20 April 1641. 

Maka pada tahun 2024 ini, Kabupaten Bandung  sudah  menginjak usianya ke-383 tahun. 

Ketua Panitia Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-383 tahun, yang juga Sekda Bandung Tjakra Amiyana menjelaskan agenda kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung secara garis besar terdiri dari dua agenda. Pertama, agenda kegiatan pokok dan agenda kegiatan tambahan.

Agenda kegiatan pokok Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-383 tahun dimulai dengan Upacara Gladi Peringatan Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung dan Hari Kartini ke-145 dan Ziarah ke Taman Makam Mantan Bupati Bandung yang digelar pada hari Rabu, 17 April 2024.

"Pada kunjungan ziarah ke makam para mantan Bupati Bandung ini, Pak Bupati mengunjungi beberapa lokasi diantaranya Taman Makam (TM) Pahlawan Cikutra, TM Dalem Kaum, TM Karang Anyar, TM Caringin (Porib) dan TM Dayeuhkolot," ujar Sekda Tjakra Amiyana dalam surat edaran yang diterima, Rabu (17/4/2024).

Bupati Dadang Supriatna juga didampingi jajaran Forkopimda, Sekda, para Asisten Daerah, para staf ahli, kepala OPD, para camat, para direktur BUMD, para direktur rumah sakit, Ketua MUI Kabupateb Bandung, Ketua Pengadilan Agama Soreang, Tim Penggerak PKK dan perwakilan Dharma Wanita Persatuan, dan IKKD Kabupaten Bandung.

Kemudian disusul dengan kegiatan pokok pada hari H, yakni Upacara Peringatan Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung dan Hari Kartini ke-145 Tingkat Kabupaten Bandung Tahun 2024 dan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Bandung yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 April 2024 bertepatan dengan 383 tahun Kabupaten Bandung.

"Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-383 dipusatkan di Lapangan Upakarti, Kompleks Pemkab Bandung pada Sabtu 20 April 2024, dengan menggunakan baju adat Sunda" jelasnya.

Selain itu, Pemkab Bandung juga menggelar beberapa agenda kegiatan tambahan yang masih merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-383. Agenda-agenda menarik ini digelar secara terbuka bagi masyarakat Kabupaten Bandung.

Agenda kegiatan tambahan diawali dengan kegiatan Halal Bihalal yang menghadirkan penceramah kondang Ustadz Maulana Trans TV. Kemudian pada hari Kamis, 18 April 2024 juga akan digelar pertandingan eksebisi sepakbola di Stadion Si Jalak Harupat antara Forkopimda vs Para Kepala OPD.

Keesokan harinya atau Jum'at, 19 April 2024, masyarakat umum dapat berpartisipasi untuk mengikuti agenda Senam Bedas bersama Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Bunda Bedas Emma Dety Dadang Supriatna mulai pukul 07.00 pagi di Lapang Upakarti, dilanjutkan dengan Fun Bike yang dimulai pada pukul 08.00 di Plaza Upakarti.

Usai melepas peserta Fun Bike, Kang DS, sapaan akrab Bupati Dadang Supriatna juga diagendakan akan membuka Opening Ceremony kegiatan Festival Kreativitas Bandung Bedas yang berisi Job Fair, pameran dll di Areal Parkir Gedung Budaya Soreang pukul 08.30 dan membuka Gebyar Sidang Isbat Nikah Terpadu pada pukul 13.00 di Gedung Moh Toha.

Kemudian pada Sabtu, 20 April 2024 juga ada agenda menarik yakni Traditional Archery dan pertunjukan Olahraga Tradisional di Dome Bale Rame mulai pukul 08.00 hingga selesai.

Sumber: