5 Amalan Utama Malam Lailatul Qadar, Mencari Keberkahan Ramadan

5 Amalan Utama Malam Lailatul Qadar, Mencari Keberkahan Ramadan

5 Amalan Utama Malam Lailatul Qadar--Istimewa

RADAR JABAR - Malam Lailatul Qadar, Malam yang dipenuhi dengan keberkahan dan kemuliaan, merupakan salah satu Malam istimewa dalam agama Islam.

Dipercaya bahwa pada malam ini, Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai petunjuk bagi umat manusia.

Keutamaan malam Lailatul Qadar tidaklah terhingga, dan amalan-amalan yang dilakukan pada malam tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi, dengan pahalanya dilipatgandakan.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Allah SWT telah menegaskan keutamaan malam Lailatul Qadar dalam Al-Quran. Dalam Surah Al-Qadr (97:1-5), Allah berfirman:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan (turun pula) roh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

Dari ayat ini, kita dapat memahami betapa besar nilai dan kemuliaan malam Lailatul Qadar. Malam ini di atas seribu bulan lainnya, dan keberkahannya melimpah ruah.

 

BACA JUGA:5 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

 

5 Amalan-Amalan pada Malam Lailatul Qadar

Berikut adalah 5 amalan yang sangat dianjurkan pada malam Lailatul Qadar:

1. Shalat Tahajud

Mendirikan shalat Tahajud pada malam Lailatul Qadar adalah amalan yang sangat dianjurkan. Tahajud adalah shalat malam yang dilakukan setelah tidur sejenak.

Dalam sujud dan ruku', memperbanyak doa dan munajat kepada Allah SWT akan menjadi bentuk penghormatan dan kesungguhan kita dalam menghadapi malam yang istimewa ini.

2. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran pada malam Lailatul Qadar adalah amalan yang penuh keberkahan. Allah SWT menjanjikan pahala yang besar bagi orang yang membaca kitab-Nya, terutama pada malam-malam yang penuh kemuliaan seperti Lailatul Qadar.

Sumber: