Pentingnya Membentuk Karakter Siswa Melalui Program

Pentingnya Membentuk Karakter Siswa Melalui Program

Pentingnya Membentuk Karakter Siswa Melalui Program "Rantang Cinta" di SMAN 5 Cimahi-Pentingnya Membentuk Karakter Siswa-Jabar Ekspres/Mong

RADAR JABAR - SMAN 5 Cimahi kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat dan mengembangkan karakter siswa melalui program-program kegiatan yang bermakna.

Salah satu program terbaru yang diinisiasi adalah "Rantang Cinta," sebuah langkah yang diambil untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekaligus merangkul siswa dalam kegiatan berbagi.

Program "Rantang Cinta" diadakan sebagai bagian dari rangkaian program Smartfren Milenial 2024, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan bermakna.

 Kegiatan ini melibatkan pemberian makanan dan sembako kepada masyarakat kurang mampu, yang menjadi wujud nyata dari kepedulian dan empati siswa terhadap sesama.

Ismaryati, Wakasek Kesiswaan SMAN 5 Cimahi, menjelaskan bahwa program ini merupakan inisiatif siswa yang bersumber dari mereka sendiri.

"Jadi kami melakukan kegiatan berbagi, yang di mana asal sumber nya dari siswa sendiri, kemudian nanti siswa sendiri yang akan membagikan pada warga," ucap Wakasek Kesiswaan SMAN 5 Cimahi, Ismaryati. Dikutip dari laman Jabar Ekspres, Sabtu 30/03/2024

Hal ini menunjukkan bahwa siswa tidak hanya menjadi penerima bantuan, tetapi juga menjadi agen perubahan yang aktif dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat.

 

BACA JUGA:Resmikan Jembatan Cikeruh, Bupati DS : Ini Sudah Lama Didambakan Masyarakat Tegalluar

 

Pembagian makanan dan sembako dilakukan secara langsung oleh siswa kepada warga sekitar SMAN 5 Cimahi, maupun warga yang melintas di sekitar sekolah.

Ini tidak hanya menjadi bentuk kontribusi materi, tetapi juga merupakan pembelajaran bagi siswa tentang pentingnya beramal dan berbagi kepada sesama, terutama di bulan Ramadan.

Menurut Ismaryati, kegiatan seperti ini sangat penting untuk membentuk karakter siswa, khususnya dalam hal spiritualitas dan kemanusiaan. Program "Rantang Cinta" juga terkait dengan program P5, yang menekankan pada nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan.

Ma'sum Hidayat, Pembina Pramuka SMAN 5 Cimahi, menambahkan bahwa kegiatan ini membantu siswa untuk menumbuhkan rasa empati terhadap sesama yang membutuhkan.

Meskipun bantuan yang diberikan tidak besar, hal ini memiliki dampak yang besar dalam membentuk karakter siswa.

"Terkait dengan P5, di sini ada rasa empati dari anggota kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Selain itu juga, sumber yang dibagikan pada masyarakat itu dari siswa sendiri," ucap Ma"sum.

Sabri Siraj Qalbi, Ketua Pelaksana Kegiatan "Rantang Cinta," menyatakan bahwa program ini merupakan kesempatan bagi siswa untuk berkontribusi secara aktif dalam membangun sisi kemanusiaan mereka.

Meskipun awalnya ragu, namun dengan melihat konsep kegiatan ini, dia tertarik untuk terlibat aktif dalam program tersebut.

Meskipun terdapat kendala dalam melaksanakan kegiatan, seperti manajemen tim dan logistik, para siswa tetap berkomitmen untuk memberikan yang terbaik.

Mereka menyadari bahwa kegiatan ini tidak hanya sekadar memberikan bantuan materi, tetapi juga merupakan pelajaran berharga tentang empati dan kemanusiaan.

 

BACA JUGA:Tim Si Jalak Presisi Polresta Bandung Berhasil Gagalkan Perang Sarung di Baleendah

 

Dengan adanya program "Rantang Cinta" ini, diharapkan para siswa SMAN 5 Cimahi dapat terus mengembangkan karakter mereka, terutama dalam hal empati dan kepedulian terhadap sesama.

Hal ini tidak hanya berlaku di bulan Ramadan, tetapi juga menjadi bagian penting dalam pembentukan kepribadian yang baik di masa depan.

 

(Mong)

Sumber: