Simak! 5 Alasan Tidak Dianjurkan Tidur Setelah Sholat Subuh Menurut Islam

Simak! 5 Alasan Tidak Dianjurkan Tidur Setelah Sholat Subuh Menurut Islam

Simak! 5 Alasan Tidak Dianjurkan Tidur Setelah Sholat Subuh Menurut Islam-Alasan Tidak Dianjurkan Tidur Setelah Sholat Subuh-Freepik

RADAR JABAR - Di bulan Ramadhan, sering kali muncul kebiasaan buruk di kalangan sebagian umat Islam, yaitu tidur setelah sahur dan sholat subuh. Padahal, dalam Islam, ada larangan terkait hal ini yang sebaiknya dipahami dengan baik.

Menurut riwayat ulama, termasuk Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, larangan tidur setelah sholat subuh hingga matahari terbit adalah makruh.

Waktu ini diibaratkan sebagai barang rampasan perang karena memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah menjadi waktu turunnya rezeki dan berkah.

Rasulullah SAW juga menyampaikan bahwa waktu pagi adalah waktu diberkahinya umat-Nya.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِي فِي بُكُوْرِهَا

Artinya: "Ya Allah, berkahilah umatku pada pagi harinya." (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi)

Selain itu, ada sebuah hadits yang secara spesifik menyebutkan larangan tidur setelah subuh. Dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda,

إِذا صَلَّيْتُمُ الفَجْرَ فَلَا تَنامُوا عَن طَلَبِ أرزاقكم

Artinya: "Seusai shalat fajar (subuh), janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki." (HR Thabrani)

 

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Berolahraga Saat Berpuasa: Memaksimalkan Kesehatan dan Kinerja Anda

 

Alasan mengapa Islam tidak menganjurkan tidur setelah sholat subuh antara lain:

 

1.     Waktu Terbaik untuk Meraih Kebaikan:

Dalam hadis, Rasulullah berdoa agar Allah memberkahi umat-Nya di waktu pagi. Tidur pada waktu tersebut bisa menghambat datangnya rezeki dari Allah karena merupakan waktu memanen kebaikan yang banyak.

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud no. 2606, Ibnu Majah no. 2236 dan Tirmidzi no. 1212)

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan bahwa salah satu perbuatan yang menghambat datangnya rezeki dari Allah adalah tidur di waktu pagi.

“Di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah sholat subuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghanimah (waktu meraih kebaikan yang banyak).” ( Madarijus Salikin, 1: 369)

Sumber: