Harapan Menpora Dito untuk Pelita Jaya dan Prawira Bandung di BCL Asia 2024

Harapan Menpora Dito untuk Pelita Jaya dan Prawira Bandung di BCL Asia 2024

Menpora Dito Ariotedjo saat menjawab pertanyaan wartawan usai kegiatan di Sumatera Utara, Minggu 3 Maret 2024-Donny Aditra-ANTARA

Radar Jabar – Klub basket Pelita Jaya Jakarta dan Prawira Harum Bandung akan berkompetisi dalam Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Menteri Olahraga dan Pemuda (Menpora), Dito Ariotedjo, berharap kedua tim Indonesia tersebut mampu meraih prestasi pada kompetisi basket internasional itu.

 

Menurutnya, keterwakilan Pelita Jaya dan Prawira Bandung di BCL Asia 2024 adalah bukti olahraga basket Indonesia sudah maju secara konsisten. Maka dari itu nama negara Indonesia menjadi harum di panggung internasional.

 

“Kami tentu berharap mendulang prestasi internasional yang baik, karena roster pemain Pelita Jaya Jakarta saat ini juga sudah baik,” imbuh Menpora Dito setelah menghadiri persiapan serta perkenalan dua pemain asing Pelita Jaya di Jakarta, Rabu 20 Maret 2024.

 

Dito juga berharapa level liga basket di Tanah Air dapat naik dan kian maju melaui BCL Asia, sehingga bisa memunculkan pemain-pemain kelas dunia.

 

BACA JUGA:Hubner Ingin Timnas Indonesia Ulang Momen Indah atas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia

 

Dia sangat mendukung perjuangan kedua klub basket itu melalui federasi yakni Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP PERBASI).

 

“Karena ini liga profesional, kami hanya bisa mendukung melalui federasi (PERBASI). Kami tentu akan melihat potensi apa yang bisa dimaksimalkan untuk mendorong peningkatan prestasi olahraga basket di internasional,” terangnya.

 

Melansir dari Antara, Pelita Jaya Jakarta dan Prawira Harum Bandung terpilih menjadi tim perwakilan Indonesia di BCL Asia 2024 karena adalah juara dan runner-up IBL 2023.

 

BACA JUGA:Persib vs Bhayangkara FC: Maung Bandung Tanpa Klok dan Dado

 

Kedua tim itu bakal mengawali persaingan pada ajang tersebut melalui babak kualifikasi di dua negara yaitu Ulaanbaatar Mongolia dan Jakarta Indonesia.

 

Babak kualifikasi pertama dilaksanakan di Ulaanbaatar Mongolia pada 3-7 April 2024, dan babak kualifikasi kedua berlanjut di Jakarta Indonesia tanggal 23-26 April 2024.

 

Di babak kualifikasi, Prawira Bandung menempati Grup A dengan NS Matrix Deers (Malaysia), Hong Kong Eastern (Hong Kong), dan runner-up kompetisi di Mongolia (Mongolia).

 

Sementara Pelita Jaya sekandang bersama Hi-Tech Basketball Club (Thailand), juara kompetisi Mongolia (Mongolia), serta Adroid Club (Singapura) di Grup B.

 

BACA JUGA:Hubner Ingin Timnas Indonesia Ulang Momen Indah atas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia

 

Dalam babak kualifikasi pertama di Mongolia, setiap tim akan memainkan tiga pertandingan. Pemuncak klasemen Grup A dan B berhak menembus babak kualifikasi kedua di Jakarta.

 

Adapun posisi kedua dan ketiga masing-masing grup akan bentrok lagi secara silang untuk berebut tiket babak kualifikasi kedua. Alhasil ada empat tim bersaing di Jakarta yang bakal memerebutkan slot di BCL Asia 2024.

 

Sebanyak dua tim yang lolos dari babak kualifikasi di Jakarta akan bersaing lagi dengan para jawara di masing-masing negara dari China, Filipina, Jepang, dan Korea Selatan.

Sumber: