Gus Ipul Beri Apresiasi Atas Sikap Surya Paloh Terkait Hasil Pemilu dan Pilpres

Gus Ipul Beri Apresiasi Atas Sikap Surya Paloh Terkait Hasil Pemilu dan Pilpres

Gus Ipul Beri Apresiasi Atas Sikap Surya Paloh --(Sumber Gambar : Antara)

Radar Jabar - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Sekjen PBNU) Saifullah Yusuf, yang akrab disapa Gus Ipul, mengungkapkan apresiasi terhadap langkah yang diambil oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. Langkah tersebut merupakan sikap tegas dalam menerima hasil pemilu dan pilpres, yang diungkapkan langsung tanpa keraguan.

Gus Ipul menyoroti bahwa pernyataan Surya Paloh tersebut sejalan dengan semangat negarawan. Dalam keterangannya, ia menyebut bahwa tindakan tersebut patut diacungi jempol dan menjadi contoh yang layak untuk diikuti, terutama oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

 “Bang Surya Paloh negarawan. Saya sangat mengapresiasi dan ini layak ditiru oleh PKB,” kata Gus Ipul, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Keprihatinan juga disampaikan oleh Gus Ipul terhadap sikap PKB yang belum mengungkapkan sikapnya terkait hasil pilpres hingga saat ini. PKB, yang selama ini dianggap sebagai partai yang mewakili warga NU, dinilai seharusnya memberikan respons yang cepat dengan menerima hasil pilpres.

 “Ini soal cara berpikir. Mengakui hasil pilpres sama dengan mengapresiasi pilihan rakyat dan kerja KPU bahwa ada masalah itu bisa diproses. Perkara ada pelanggaran, itu yang memutus MK. Ada jalurnya, bukan beropini,” ujarnya. Menurutnya, secara umum hasil pemilu maupun pilpres sudah berjalan dengan baik dan juga tidak sampai terjadi gesekan berarti di bawah. Ia pun menyampaikan pesan dari para kiai di organisasi keagamaan tersebut yang mengimbau agar masyarakat menghormati hasil pilpres. “Warga NU di bawah itu berharap dinamika pasca pilpres tidak berkepanjangan. Para kiai juga sudah berpesan agar masyarakat menghormati seluruh hasil yang ada, sehingga kehidupan berbangsa bisa kembali normal seperti semula,” pungkasnya.

 

BACA JUGA:Jokowi Apresiasi Kerja Keras KPU Rampungkan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

 

Menurut Gus Ipul, pengakuan terhadap hasil pilpres merupakan bentuk apresiasi terhadap suara rakyat dan juga menghormati kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam pandangannya, mengakui hasil tersebut adalah bagian dari sikap bijaksana dalam berpikir. Ia menegaskan bahwa mengakui hasil pilpres adalah cara untuk mengapresiasi pilihan rakyat dan menghormati proses demokrasi.

Gus Ipul menekankan bahwa hasil pemilu dan pilpres secara keseluruhan telah berjalan dengan baik, tanpa adanya gesekan yang signifikan. Pesan dari para kiai di organisasi keagamaan NU juga disampaikan olehnya, di mana mereka mengimbau agar masyarakat menghormati hasil pilpres.

Dalam konteks penetapan hasil oleh KPU RI, Gus Ipul menunjukkan bahwa para kiai berharap agar dinamika pasca-pilpres tidak berlarut-larut. Mereka juga menginginkan agar masyarakat dapat menghormati seluruh hasil yang ada, sehingga kehidupan berbangsa dapat kembali normal seperti sedia kala.

“Warga NU di bawah itu berharap dinamika pasca pilpres tidak berkepanjangan. Para kiai juga sudah berpesan agar masyarakat menghormati seluruh hasil yang ada, sehingga kehidupan berbangsa bisa kembali normal seperti semula,” pungkasnya. 

 

BACA JUGA:KPU Umumkan dan Menetapkan Pasangan Probowo-Gibran Sebagai Pemenang Pilpres 2024

Sumber: branda antara