PKS Bersyukur dengan Peningkatan Suara Namun Suarakan Catatan Masalah dalam Pemilu

PKS Bersyukur dengan Peningkatan Suara Namun Suarakan Catatan Masalah dalam Pemilu

Sekretaris Jenderal DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi saat memberikan keterangan pers di DPP PKS, Jakarta, Minggu (22/10/2023)--ANTARA/Cahya Sari/am.

RADAR JABAR - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengungkapkan kegembiraannya atas peningkatan perolehan suara pada Pemilihan Umum 2024 dibandingkan sebelumnya, sambil memberikan sorotan terhadap beberapa masalah yang muncul dalam pelaksanaan pemilu.

Aboebakar Alhabsyi, Sekretaris Jenderal DPP PKS, menyampaikan beberapa catatan penting terkait hal tersebut, termasuk masalah SiRekap yang menyebabkan berbagai kesulitan sehingga dianggap perlu untuk kembali menggunakan sistem penghitungan suara secara manual berjenjang.

"Penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil harus dikedepankan, tidak boleh lagi ada penyelenggara pemilu yang terintimidasi," ujarnya dalam pernyataan resmi yang diterima di Jakarta pada hari Kamis (21/3).

BACA JUGA:Lokasi Penukaran Uang Baru di Jawa Timur untuk Lebaran 2024, Lengkap dengan Jadwalnya

Dia juga menyoroti temuan lonjakan suara pada beberapa partai politik yang perlu dicegah agar tidak terulang di masa mendatang. Alhabsyi menunjukkan contoh di beberapa daerah pemilihan di mana suara untuk suatu partai politik awalnya hanya sekitar 2.000 suara, namun berubah menjadi 17 ribu suara dalam penghitungan resmi rapat pleno.

"Kita berharap berbagai kekurangan yang terjadi di pemilu kali ini akan bisa diperbaiki pada pemilu yang akan datang," ujarnya.

BACA JUGA:OJK Tutup Aplikasi Smart Wallet, Member Kecewa Tanggal Penarikan Dana Diundur

Meskipun demikian, Alhabsyi menyatakan bahwa kinerja PKS dalam Pemilu 2024 cukup baik. Pada Pemilu 2019, PKS mendapatkan 11,49 juta suara atau 8,21 persen, sementara pada tahun ini meningkat menjadi 12,78 juta suara atau 8,42 persen.

"Dari sisi kursi di DPR pun insyaallah kita diproyeksikan naik, tadi kalau diutak-atik, kemungkinan kita dapat 53 kursi, naik tiga kursi dari periode kemarin," tambahnya.

BACA JUGA:Bawaslu RI Akan Tindak Lanjut Belasan Laporan dari Rekapitulasi Nasional

Alhabsyi juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan kepada PKS. Peningkatan suara dan kursi PKS diharapkan akan memberikan semangat tambahan untuk terus melayani masyarakat dan berjuang bersama mereka, tambahnya.

Sebelumnya, pada Rabu (20/3), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan PDI Perjuangan sebagai partai politik dengan perolehan suara terbanyak dalam Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) DPR RI pada Pemilu 2024.*

Sumber: antara