5 Rempah Khas Indonesia yang Harganya Mahal Di Luar Negeri

5 Rempah Khas Indonesia yang Harganya Mahal Di Luar Negeri

Rempah Khas Indonesia yang Harganya Mahal Diluar Negeri --Istimewa

RADAR JABAR - Indonesia, dengan keberagaman budaya dan alamnya yang memikat, dikenal sebagai surga rempah-rempah. Di sepanjang sejarah, rempah-rempah Indonesia telah menjadi komoditas yang sangat dicari, tidak hanya untuk kekayaan rasa dan aroma uniknya, tetapi juga karena nilai budaya dan sejarah yang melekat padanya.

Berikut adalah 5 rempah khas Indonesia yang memiliki harga tinggi di pasar internasional:

1. Biji Pala

Pala adalah salah satu rempah paling mahal di dunia dan Indonesia adalah salah satu produsen utamanya. Biji pala dikenal dengan rasa dan aroma yang kaya, digunakan dalam berbagai hidangan, khususnya kue dan minuman.

Harga biji pala bisa mencapai puluhan hingga ratusan dolar per kilogram tergantung pada kualitasnya. Produksi pala terutama berasal dari Maluku, sebuah kepulauan di Indonesia yang terkenal sebagai "Kepulauan Rempah-Rempah".

 

BACA JUGA:Resep Minuman Kolagen dengan Bahan Rempah

 

2. Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu rempah paling tua dan paling berharga di dunia. Biasanya digunakan dalam rokok, makanan, minuman, serta obat-obatan tradisional, cengkeh memiliki harga yang tinggi karena proses panennya yang rumit dan pekerjaan manual yang diperlukan untuk mengumpulkannya.

Pada masa lalu, cengkeh adalah monopoli perdagangan yang sangat berharga dan menjadi penyebab utama perjalanan penjelajah Eropa ke Asia Tenggara. Indonesia, terutama Pulau Sulawesi dan Maluku, tetap menjadi salah satu produsen utama cengkeh di dunia.

3. Lada Hitam

Lada hitam adalah salah satu rempah paling umum yang digunakan di seluruh dunia, namun lada hitam berkualitas tinggi memiliki harga yang sangat tinggi. Indonesia, terutama Sumatra dan Kalimantan, merupakan produsen lada hitam utama.

Rasa dan aroma lada hitam Indonesia dianggap sangat istimewa karena iklim dan tanahnya yang ideal untuk pertumbuhan tanaman lada. Harga lada hitam Indonesia yang berkualitas tinggi dapat mencapai beberapa ratus dolar per kilogram.

 

BACA JUGA:10 Manfaat Sarang Burung Walet yang Luar Biasa, Salah Satunya Kaya Protein!

 

4. Vanili

Vanili adalah rempah berharga lainnya yang banyak dikaitkan dengan Indonesia. Meskipun vanili diproduksi di berbagai belahan dunia, vanili Indonesia, terutama dari Pulau Jawa dan Bali, dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia karena kualitasnya yang unggul.

Sumber: