Tanggapan Pertamina Soal Penghapusan Subsidi BBM Setelah Ada Program Makan Gratis

Tanggapan Pertamina Soal Penghapusan Subsidi BBM Setelah Ada Program Makan Gratis

Tanggapan Pertamina Soal Penghapusan Subsidi BBM-X/julpikrar-

RADAR JABAR - PT Pertamina (Persero) memberikan tanggapan mengenai rencana calon presiden Prabowo Subianto untuk mengurangi subsidi BMM bila terpilih jadi presiden.

Menurut Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyatakan bahwa perusahaan akan melaksanakan tugas yang telah diberikan oleh pemerintah.

"Anggaran subdisi BBM merupakan kewenangan pemerintah selaku regulator, kami sebagai operator tentunya melaksanakan apa yang menjadi penugasan pemeritah," kata Irto via pesan singkat, dikutip dari Disway pada Senin 19 Februari 2024.

Sebelumnya dilaporkan oleh Disway.Id, beredar informasi bahwa subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) akan dikurangi kembali. Ini dianggap sebagai bagian dari upaya untuk mendukung program makan gratis yang diumumkan oleh pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

BACA JUGA:Subsidi Pertalite Akan Dihapus Jika Ada Program Makan Gratis? Begini Kata TKN Prabowo

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Eddy Soeparno, dengan tegas menyangkal rencana pemotongan subsidi energi, termasuk subsidi BBM, untuk mendukung program makan gratis tersebut.

Dia mengatakan bahwa program tersebut merupakan fokus utama dari kampanye Pilpres pasangan Prabowo-Gibran, dan alokasi dananya telah dipersiapkan.

"Kami tegaskan, tidak ada niatan seperti itu (potong subsidi BBM-Red)," kata Eddy, Jumat 16 Februari 2024.

Walau demikian, ia mengakui bahwa pengalokasian subsidi BBM akan dikaji ulang. Hal ini disebabkan oleh pengamatannya bahwa sebagian besar penerima subsidi BBM, terutama mereka yang menggunakan Pertalite, sebenarnya berasal dari kalangan mampu.

BACA JUGA:TKN Prabowo-Gibran Serius Realisasikan Program Makan Siang dan Susu Gratis

Mereka sebenarnya tidak memenuhi syarat untuk menerima subsidi, dan Pertalite sering digunakan untuk mengisi mobil yang termasuk dalam kategori mewah.

Sementara itu, program makan siang gratis ini juga mendapat sorotan besar dari warganet, dengan nama Prabowo Subianto menjadi trending di media sosial X, menjadi perbincangan yang hangat di masyarakat.

Namun, dari diskusi yang terjadi, ternyata ada keraguan yang cukup besar dari publik terhadap program makan siang dan susu gratis versi Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Sumber: