Berikut Harta Kekayaan dari 3 Pasangan Capres dan Cawapres 2024

Berikut Harta Kekayaan dari 3 Pasangan Capres dan Cawapres 2024

Berikut Harta Kekayaan dari 3 Pasangan Capres dan Cawapres 2024- Capres dan Cawapres 2024-Instagram

 

RADAR JABAR - Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan diselenggarakan pada tahun 2024, persaingan di antara tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) sudah mulai memanas.

Saat ini, ketiga pasangan tersebut berupaya bersaing secara ketat melalui visi dan misi kampanye sebagai upaya untuk menarik perhatian publik.

Selain menampilkan visi dan misi, para Capres dan Cawapres juga menarik perhatian masyarakat terkait dengan harta kekayaan mereka. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merilis Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) para calon presiden dan wakil presiden yang akan bertarung pada Pilpres 2024.

Pasangan calon tersebut melibatkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Menyambut Pemilu 2024, minat masyarakat untuk mengetahui rincian kekayaan ketiga pasangan ini semakin meningkat. Sebagai pejabat, kewajiban mereka adalah melaporkan harta kekayaan di Layanan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disediakan oleh KPK.

 

Berikut ini adalah rincian kekayaan dari tiga pasangan capres-cawapres, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

 

1.    Anies-Cak Imin

Pasangan ini, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, memiliki total kekayaan yang paling kecil dibandingkan dengan dua pasangan lainnya. Data LHKPN per 9 Februari 2023 menunjukkan bahwa kekayaan Anies Baswedan sepanjang 2022 mencapai Rp11,19 miliar.

Di sisi lain, Cak Imin memiliki kekayaan yang lebih besar, yakni sebesar Rp27,28 miliar. Jika digabungkan, total kekayaan pasangan capres-cawapres ini mencapai Rp38,47 miliar.

 

BACA JUGA:Istana Tanggapi Isu Pemakzulan Jokowi Oleh Petisi 100

 

2.    Ganjar-Mahfud

Pasangan capres-cawapres dengan kekayaan terbanyak kedua adalah Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Data LHKPN KPK 2023/Periodik 2022 menunjukkan bahwa Mahfud MD memiliki total kekayaan senilai Rp29,54 miliar, sedangkan kekayaan milik Ganjar mencapai Rp13,45 miliar. Gabungan dari keduanya membentuk total kekayaan pasangan ini sebesar Rp42,99 miliar.

 

3.    Prabowo-Gibran

Sumber: